KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN MELALUI MEDIA BALOK CUISENAIRE ANAK TUNAGRAHITA RINGAN

Nuralam, Nuralam (2020) KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN MELALUI MEDIA BALOK CUISENAIRE ANAK TUNAGRAHITA RINGAN. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
PDF FULL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran kemampuan berhitung penjumlahan anak tunagrahita ringan sebelum dan sesudah menggunakan balok Cuisenaire, juga untuk mengetahui pengaruh penggunaan media balok Cuisenaire terhadap kemampuan berhitung penjumlahan anak tunagrahita ringan. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode eksperimen subjek tunggal (Single Subject Research) menggunakan desain A-B-A. Subjek yang diteliti adalah satu orang siswa tunagrahita ringan yang mengalami kesulitan dalam penjumlahan awal. Siswa belum mampu mengenal angka 1 – 10 akibatnya muncul perilaku malas belajar atau bahkan tidak mau belajar karena susah memahami pelajaran.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada fase baseline (A1) kemampuan berhitung penjumlahan hanya 21%, pada fase intervensi (B) mengalami peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan subjek penelitian mencapai 73,33%. Sedangkan pada fase baseline (A2) kemampuan berhitung penjumlahan menunjukkan angka 61%. Dari hasil analisis data menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan sebesar 52,33%. Kata kunci: balok cuisenaire; kemampuan berhitung penjumlahan

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > BIMBINGAN DAN KONSELING - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 17 Nov 2020 04:32
Last Modified: 17 Nov 2020 04:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18462

Actions (login required)

View Item View Item