Pengembangan Video Tutorial Pembuatan Aksesoris pada Mata Kuliah Pelengkap Busana Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga.

Islami, Nanang and Abu, Asiani and Suryani, Hamidah (2020) Pengembangan Video Tutorial Pembuatan Aksesoris pada Mata Kuliah Pelengkap Busana Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
artikel NANANG ISLAMI.pdf

Download (371kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan lokasi waktu di laboratorium Jurusan PKK FT UNM yang bertujuan (1) untuk mengetahui prosedur/tahap perencanaan media pembelajaran berbasis video tutorial pada Mata Kuliah Pelengkap Busana. (2) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis video tutorial pada Mata Kuliah Pelengkap Busana. (3) untuk mengetahui bobot valid dan kepraktisan dari media pembelajaran berbasis video tutorial pada Mata Kuliah Pelengkap Busana. Penelitian ini mengacu pada langkah-langkah model pengembangan ADDIE yang digunakan untuk mengetahui prosedur pembuatan media yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis (Analysis) dimana peneliti melakukan observasi dengan melakukan wawancara kepada dosen pengampuh, tahap desain (design) peneliti mulai merancang media pembelajaran, tahap pengembangan (development) peneliti mulai mengembangan video tutorial lalu di validasi oleh ahli materi dan ahli media, implementasi (implementation) media pembelajaran video tutorial pembuatan aksesoris di uji cobakan ke Mahasiswa sebanyak 10 orang Angkatan 2018, evaluasi (evaluation) setelah tahan implementasi selanjutnya evaluasi (4) Kelayakan media pembelajaran video tutorial pembuatan aksesoris pada mata kuliah pelengkap Busana berdasarkan skala likert mencapai kategori yang sangat layak dalam presentase untuk masing-masing, dimana ahli media satu 91.25% dan ahli media dua 93,75%, ahli materi satu menghasilakan 98,18% dan ahli materi dua 89,09% sebagai skor mereka. Sementara itu, hasil uji kelayakan pada mahasiswa dengan presentase 90,12% termasuk dikategorikan sangat valid. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk media pembelajaran berbasis video tutorial berupa file digital yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran di kampus dan dapat digunakan secara mandiri. Kata kunci: media pembelajaran, video tutorial, mata kuliah pelengkap busana.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 16 Nov 2020 07:13
Last Modified: 16 Nov 2020 07:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18457

Actions (login required)

View Item View Item