PENGARUH SUMBER BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI

Hardin, Nurul Faydah (2020) PENGARUH SUMBER BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JURNAL SKRIPSI_ NURUL FAYDAH HARDIN_PA.pdf

Download (538kB)

Abstract

RINGKASAN Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh sumber belajar terhadap motivasi belajar siswa program keahlian akuntansi SMK Negeri 6 Makassar. varibel dalam penelitian ini adalah sumber belajar sebagai variabel bebas dan motivasi belajar sebagai varibel terikat. Populasinya seluruh siswa program keahlian akuntansi SMK Negeri 6 Makassar yang terdiri dari 152 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan sampel sebanyak 60 siswa yang diambil secara acak dan proporsional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen yang terdiri atas uji validitas dan uji reliabilitas, analisis deskriptif presentase, uji hipotesis yang terdiri atas analisis regresi linear sederhana, uji t, dan koefisien determinasi dengan menggunakan SPSS versi 25 for windows. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka diperoleh model persamaan regresi linear sederhana Y ̂= 36,770+0,931X yang berarti tiap penambahan 1 nilai sumber belajar, maka nilai motivasi belajar mengalami kenaikan 37,683. Dari hasil analisis koefisien determinasi (r2) diperoleh nilai r2 = 55,7% yang berarti sumber belajar memiliki kontribusi terhadap motivasi belajar sebesar 55,7% dan sisanya 44,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Sementara dari hasil analisis uji-t diperoleh nilai signifikan 0,000<0,05 yang berarti sumber belajar berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar, dengan demikian hipotesis diterima Kata kunci: Sumber Belajar, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 11 Nov 2020 06:20
Last Modified: 11 Nov 2020 06:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18437

Actions (login required)

View Item View Item