Pengaruh Pendekatan Floortime Dalam Mengurangi Penyimpangan Perilaku Agresif Pada Siswa Autis

Salmawati S, Salmawati S (2020) Pengaruh Pendekatan Floortime Dalam Mengurangi Penyimpangan Perilaku Agresif Pada Siswa Autis. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL FIX.pdf

Download (486kB)

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penetian ini untuk mengetahui gambaran dan pengaruh penerapan floortime terhadap penyimpangan perilaku agresif fisik memukul dan menendang orang lain secara tiba-tiba di sekolah. Perilaku agresif ini sudah menggangu karena frekuensinya sudah berlebihan. Floortime dilakukan dengan cara berinteraksi dan bermain secara spontan dan menyenangkan sesuai ide anak itu sendiri, guru hanya mengikuti keinginan anak dan mendorong untuk terus berinteraksi dengan guru. Subjek penelitian adalah satu orang siswa berinisial MN, siswa autis kelas III di SLB Negeri 1 Jeneponto. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode eksperimen subjek tunggal (Single Subject Research) menggunakan desain A-B-A. Penelitian ini memberikan gambaran perubahan-perubahan perilaku agresif pada anak sebelum, selama dan sesudah intervensi.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis visual dalam kondisi dan analisis visual antar kondisi data perilaku agresif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intervensi yang dilakukan mampu mengurangi perilaku agresif memukul dan menendang siswa MN, serta terjadi perubahan-perubahan perilaku yang positif setelah penggunaan floortime, sehingga teknik ini dapat dijadikan pilihan bagi guru di sekolah maupun orang tua di rumah dalam mengatasi hambatan perilaku agresif anak autis. Kata Kunci: Perilaku Agresif, Floortime dan Autism

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > BIMBINGAN DAN KONSELING - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 11 Nov 2020 05:55
Last Modified: 11 Nov 2020 05:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18435

Actions (login required)

View Item View Item