MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL SOAL ANALISIS MELALUI METODE TUTOR SEBAYA PESERTA DIDIK

Darmiana, Darmiana (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL SOAL ANALISIS MELALUI METODE TUTOR SEBAYA PESERTA DIDIK. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel Darmiana.pdf

Download (124kB)

Abstract

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL SOAL ANALISIS MELALUI METODE TUTOR SEBAYA PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA 3 SMA NEGERI 8 MAKASSAR Darmiana, Muhammad Arsyad, Khaeruddin SMA Neg.8 Makasaasr, UNM,UNM Darmiana74@gmail .com Abstark, Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal-soal analisis melalui metode tutor sebaya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 8 Makassar yang berjumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes objektif,.Tehnik penelitian dilakukan dengan melakukan kegiatan pembelajaran sebanyak 15 kali pertemuan dengan 3 siklus. Siklus I berlangsung 6 kali pertemuan dengan KD Menganalisis pengaruh kalor dan perpindahan kalor yang meliputi karakteristik termal suatu bahan, kapasitas dan konduktivitas kalor pada kehidupan sehari-hari. Siklus II berlangsung 5 kali pertemuan dengan KD Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum Termodinamika. Siklus III berlangsung 4 kali pertemuan dengan KD Menganalisis karakteristik gelombang mekanik. Setiap akhir siklus dilakukakan refleksi. Setiap perangkat pembelajaran telah dilakukan validasi, validasi perangkat pembelajaran berupa RPP, buku siswa, LKPD, lembar observasi guru dan soal/ instrument tes. PTK ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I sampai pada siklus III pembelajaran menggunakan metode tutor sebaya dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal-soal analisis. Hasil kemampuan menyelesaikan soal-soal mengalami peningkatan yang signifikan, pada siklus I adalah 53,12% atau 17 peserta didik yang dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata kelas 67,44, pada siklus II adalah 68,75% atau 22 peserta didik yang dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata kelas 76,38 dan pada siklus III adalah 81,25% atau 26 peserta didik yang dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata kelas 79,16 sehingga standar keberhasilan kelas telah terpenuhi pada akhir siklus ketiga. Hasil analisis dapat dijelaskan bahwa pembelajaran melalui metode tutor sebaya dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal-soal analisis. Kata kunci: Tutor Sebaya, Soal Analisis

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 11 Nov 2020 02:07
Last Modified: 11 Nov 2020 02:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18419

Actions (login required)

View Item View Item