PROBLEMATIKA PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI KELAS VIII SMP NEGERI 26 MAKASSAR

Riskawati,, Riskawati, (2020) PROBLEMATIKA PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI KELAS VIII SMP NEGERI 26 MAKASSAR. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
jurnal riskwati.pdf

Download (403kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang bagaimana Kendala Penggunaan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Seni Budaya (Tari) Kelas VIII di SMP Negeri 26 Makassar dan bagaimana Solusi yang dilakukan oleh Guru dalam Pembelajaran Seni Budaya (Tari) Kelas VIII di SMP Negeri 26 Makassar. Metode yang digunakan adalah metode Kualitatif yaitu gambaran objek penelitian secara langsung dan dengan teknik pengumpulan data yaitu sasaran dan sampel, observasi, wawancara dan dokumentasi, dan juga menggunakan metode Kuantitatif. Adapun hasil penelitian yaitu: Kendala Penggunaan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Seni Budaya (Tari) Kelas VIII di SMP Negeri 26 Makassar yaitu masalah yang berhubungan dengan kompetensi guru, masalah dengan peserta didik dan masalah dengan media pembelajaran audiovisiul. pemanfaatan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Seni Budaya terdapat kendala atau masalah yang mempengaruhinya. Masalah yang terjadi dalam mata pelajaran seni budaya sangat beragam sesuai dengan kondisi dan situasi dimana media pembelajaran Audiovisual itu dimanfaatkan. Bahkan di setiap kelas memiliki tingkat kesulitan yang berbeda sesuai dengan tingkatan guru dan siswa. Hal tersebut disebabkan oleh guru yang kurang kompeten dan terbatasnya media pembelajaran Audiovisual dalam Pembelajaran Seni Budaya. Solusi yang dilakukan oleh Guru dalam Pembelajaran Seni Budaya (Tari) Kelas VIII di SMP Negeri 26 Makassar yaitu melalui Pelatihan atau penataran bagi semua guru mata pelajaran tentang teknologi informasi, Pelatihan khusus guru mata pelajaran TIK, sehingga nantinya bisa menjadi tutor bagi guru mata pelajaran yang lain, Seminar tentang pendidikan khususnya tentang pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran, Studi banding ke lembaga atau sekolah yang lebih maju yang mempunyai kelebihan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 26 Mar 2021 05:56
Last Modified: 26 Mar 2021 05:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18404

Actions (login required)

View Item View Item