PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI BUDAYA (TEATER) PADA SISWA KELAS VIII MTs FAQIHUL ILMI MAKASSAR

Usman, Usman (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI BUDAYA (TEATER) PADA SISWA KELAS VIII MTs FAQIHUL ILMI MAKASSAR. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL USMAN.pdf

Download (638kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Faqihul Ilmi Makassar melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif think pair share. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Peneliti ini melibatkan siswa kelas VIII.C MTs Faqihul Ilmi Makassar sebanyak 12 siswa sebagai subjek penuh. Dalam mengumpulkan data, instrument yang digunakan adalah observasi dan penilaian tes tertulis. Hasil penelitian hari pertama menunjukkan bahwa rata-rata keaktifan siswa masih rendah. Terdapat masih banyak siswa yang kurang mempunyai inisiatif untuk menjawab,kurangnya spirit yang dimiliki dalam mengikuti pelajaran dan masih banyak siswa yang belum mencapai kkm . Pada pertemuan selanjutnya terjadi peningkatan pada keaktifan belajar siswa. Melalui butiran soal yang dibagikan, juga menunjukkan terjadinya peningkatan pada siklus I dan siswa juga mulai antusias dalam mengikuti proses pembelajaran seni budaya. Pada siklus II keaktifan siswa sudah sangat terlihat, siswa sangat aktif dalam proses pembelajaran khususnya dalam menyampaikan hasil pemikirannya, dapat dilihat dari nilai ratarata siswa dari prasiklus, siklus I dan siklus II yaitu; prasiklus 54,1, siklus I 67,5 dan siklus II 84,1. Dari hasil penelitian tindakan kelas siklus I dan siklus II pembelajaran seni budaya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif TPS juga menunjukkan peningkatan hasil belajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas VIII.C pada pembelajaran seni budaya di MTs Faqihul Ilmi Makassar dapat ditingkatkan dengan menggunakan penerapan model pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 26 Mar 2021 05:56
Last Modified: 26 Mar 2021 05:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18402

Actions (login required)

View Item View Item