PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW I (JIG I) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 MAKASSAR

JULIANI, INDAH (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW I (JIG I) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL-INDAH JULIANI-1692042001-PENDIDIKAN AKUNTANSI.pdf

Download (320kB)

Abstract

RINGKASAN Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw I (JIG I) terhadap hasil belajar siswa kelas X program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw I (JIG I) sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Populasinya seluruh siswa kelas X program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Makassar yang terdiri dari 142 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive dengan sampel sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, kuesioner, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas, uji hipotesis yang terdiri dari analisis regresi linear sederhana, uji-t (uji beda), dan koefisien determinasi dengan menggunakan SPSS 25 for windows. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, maka diperoleh model persamaan regresi linear sederhana Y’=10,163+0,493X yang berarti tiap penambahan 1 nilai model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw I (JIG I), maka nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan 0,493. Dari hasil analisis koefisien determinasi (R2 ) R2= 0,606 yang berarti model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw I (JIG I) memiliki kontribusi kepada hasil belajar siswa sebesar 60,6 persen sedangkan sisanya 39,4 persen dipengaruhi oleh faktor lain. Sementara dari hasil analisis uji-t (uji beda) diperoleh nilai signifikan 0<0,05 yang berarti model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw I (JIG I) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, dengan demikian hipotesis diterima. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw I (JIG I), Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Mar 2021 05:56
Last Modified: 26 Mar 2021 05:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18396

Actions (login required)

View Item View Item