Pengembangan Perangkat Pembelajaran Disain Busana Berbasis Discovery Learning Dan Peningkatan Kreativitas Mahasiswa

SURYANI, HAMIDAH (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Disain Busana Berbasis Discovery Learning Dan Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal MEKOM (Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan), 3 (2). pp. 145-151. ISSN 2721-7612

[img] Text (Artikel Jurnal Nasional)
Artikel Jurnal Nasional - Pengembangan Perangkat Pembelajaran Desain Busana Berbasis Discoveri....pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Peer Review Artikel Jurnal Nasional)
Peer Review Artikel Jurnal Nasional - Pengembangan Perangkat Pembelajaran Desain Busana....pdf - Published Version

Download (897kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/mkpk/issue/view/339

Abstract

Artikel ini merupakan hasil penelitian pengembangan, bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran Disain Busana berbasis Discovery Learning (DL) yang valid, praktis, dan efektif berorientasikan peningkatan kreativitas mahasiswa dalam mendesain busana. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran yang meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran, modul dan job sheet dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang telah dimodifikasi sehingga hanya memuat tahap Define, Design dan Develop. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi, lembar penilaian dosen, lembar penilaian mahasiswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes hasil belajar dan tes keterampilan dalam mendesain. Seluruh instrumen telah divalidasi dan dinilai layak untuk digunakan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran dengan model Discovery learning yang valid, praktis dan efektif. Hasil validasi menunjukkan perangkat yang dikembangkan layak digunakan (kategori valid). Hasil uji lapangan menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan praktis, dan secara umum dapat dikatakan efektif jika ditinjau peningkatan kreativitas mahasiswa dalam mendisain busana. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah layak untuk digunakan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, perangkat pembelajaran, discovery learning, kreativitas.
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: S.T., M.T. Faruq Ratuhaji
Date Deposited: 27 Oct 2020 06:42
Last Modified: 27 Oct 2020 06:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18357

Actions (login required)

View Item View Item