Analisis Kualitas Hasil Produk Lulusan Kursus Keterampilan Menjahit Yayasan Pendidikan Adhiputeri di Kota Makassar Analisis Kualitas Hasil Produk Lulusan Kursus Keterampilan Menjahit Yayasan Pendidikan Adhiputeri di Kota Makassar (Studi Kasus Pada Lima Lulusan Yang Telah Membuka Usaha Modiste)

SURYANI, HAMIDAH and Riwayani, Rika (2016) Analisis Kualitas Hasil Produk Lulusan Kursus Keterampilan Menjahit Yayasan Pendidikan Adhiputeri di Kota Makassar Analisis Kualitas Hasil Produk Lulusan Kursus Keterampilan Menjahit Yayasan Pendidikan Adhiputeri di Kota Makassar (Studi Kasus Pada Lima Lulusan Yang Telah Membuka Usaha Modiste). Jurnal Media Komunikasi Pendikan Teknologi dan Kejuruan, 3 (1). pp. 61-73. ISSN 2721-7612

[img] Text (Artikel Jurnal Nasional)
Artikel Jurnal Nasional - Analisis Kualitas Hasil Produk Lulusan....pdf - Published Version

Download (706kB)
[img] Text (Peer Review Artikel Jurnal Nasional)
Peer Review Artikel Jurnal Nasional -Analisis Kualitas Hasil Produk Lulusan....pdf - Published Version

Download (502kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/mkpk/article/view/2618

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran kualitas hasil produk lulusan kursus keterampilan menjahit Yayasan Pendidikan Adhiputeri (Studi kasus pada lima lulusan yang telah membuka usaha modiste). Sampel sebanyak 5 penjahit dengan 30 lembar busana hasil jahitan yang terdiri dari 2 busana pesta, 2 busana kerja dan 2 busana kasual. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa gambaran kualitas hasil produk lulusan kursus keterampilan menjahit Busana Yayasan Pendidikan Adhiputeri dari 5 pengusaha modiste memiliki tingkat kualitas jahitan antara 60%-79% masuk dalam kategori baik dan kualitas hasil produk tersebut dipengaruhi oleh faktor-faktor yaitu; a) manusia/SDM, seperti umur pengusaha rata-rata 30-40 tahun sebanyak 80%, Hal ini menunjukkan bahwa umur penjahit modiste berada pada usia yang sangat produktif untuk mengembangkan usahanya pada masa yang akan datang dan tingkat pendidikan SMA sebanyak 80%, dapat dinyatakan bahwa secara umum penjahit lulusan kursus didominasi oleh tamatan sekolah lanjutan menengah atas b) modal, peralatan menjahit yang digunakan cukup lengkap sebanyak 80%, dan jumlah tenaga kerja yang masih kurang sebanyak 60%, sedangkan jumlah jahitan perminggu sangat banyak yaitu di atas 10 jahitan sebanyak 60%, Hal ini menunjukkan bahwa jumlah jahitan perminggu yang cukup banyak dengan jumlah tenaga kerja terbatas akan mempengaruhi kualitas produk jahitan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: lulusan, kursus, kualitas produk
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: S.T. Faruq Ratuhaji
Date Deposited: 27 Oct 2020 06:18
Last Modified: 27 Oct 2020 06:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18356

Actions (login required)

View Item View Item