Arif, Arif (2020) Pengembangan E-Learning Mata Kuliah Motor Bakar di Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif FT UNM. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Text
Jurnal Pengembangan E-learning.pdf Download (460kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengembangkan e-learning menggunakan moodle pada mata kuliah motor bakar di jurusan pendidikan teknik otomotif FT UNM. 2) Mengetahui daya tarik e-learning.3) Mengetahui manfaat e-learning. 4) Mengetahui kemudahan e-learning. 5) Mengetahui keefektifan elearning menggunakan moodle pada mata kuliah motor bakar. Desain pengembangan mengacu pada model pengembangan Suyanto dan Sartinem dengan 7 tahapan yaitu analisis kebutuhan, identifikasi sumber daya, identifikasi spesifikasi produk, pengembangan produk, uji internal (uji kelayakan produk), uji eksternal, produksi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa jurusan pendidikan teknik otomotif dengan 32 responden. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) E-learning mata kuliah Motor Bakar di jurusan Pendidikan Teknik Otomotif FT UNM dikembangkan dengan software Moodle. website e-learning dapat diakses di URL https: //arifpto.gnomio.com. 2) Hasil respon daya tarik e-learning memperoleh 53.125%, aspek kemudahan memperoleh 62.5% dan aspek manfaat memperoleh 56,25% oleh mahasiswa, hasil validasi ahli konten dan media memperoleh persentase 5 0 %, dan hasil uji NGain score memperoleh nilai rata-rata untuk kelas eksperimen (penggunaan e-learning) adalah sebesar 0,596 termasuk dalam kategori sedang. Kata Kunci : E-learning; Moodle; Motor Bakar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS TEKNIK FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Otomotif |
Divisions: | FAKULTAS TEKNIK |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 26 Mar 2021 05:56 |
Last Modified: | 26 Mar 2021 05:56 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18350 |
Actions (login required)
View Item |