PENDEKATAN PROSES PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA SD kelas IV SDI KATANGKA I SOMBA OPU GOWA

Jannah, Nuhri (2016) PENDEKATAN PROSES PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA SD kelas IV SDI KATANGKA I SOMBA OPU GOWA. Other thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
karya ilmiah.pdf

Download (420kB)

Abstract

Abstrak Nuhri Jannah, 2016, Penerapan pendekatan proses pada pembelajaran bahasa indonesia dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa SD kelas IV SDI Katangka i Ada empat keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia yaitu, keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Menulis merupakan salah satu dari empat aspek keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia. Kemampuan menulis di sekolah dasar tidak diperoleh dari hasil begitu saja akan tetapi memerlukan tahap-tahap pembelajaran yang membutuhkan waktu yang tidak sedikit tetapi membutuhkan proses yang cukup lama. Keterampilan membaca dan menulis merupakan bagian dari empat keterampilan berbahasa yang memegang peranan penting dalam pengajaran bahasa Indonesia. Dikatakan penting karena keterampilan ini menjadi gerbang bagi masuknya berbagai informasi (tertulis) mengenai ilmu pengetahuan. hasil belajar merupakan tingkat penguasaan atau perubahan tingkah laku dalam bentuk pengetahuan dan keterampilan yang dicapai seseorang setelah mengikuti kegiatan belajar yang memungkinkan dapat diukur dengan angka-angka, tetapi mungkin juga hanya dapat diamati melalui perubahan tingkah laku. Oleh sebab itu, hasil belajar perlu dirumuskan dengan jelas sehingga dapat dievaluasi apakah tujuan yang diharapkan sudah tercapai atau belum. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil BelajarMenurut Susanto (2013) ada dua faktor yang mempengaruhi hasil belajar, yaitu: (1)Faktor internal, merupakan faktor yang bersumber dari dalam diri siswa yang mempengaruhi kemamuan belajarnya. Faktor internal meliputi kecerdasan, minat dan perhatian, motivasi belajar, ketekunan sikap, serta kondisi fisik dan kesehatan.(2) Faktor eksternal, merupakan faktor yang berasal dari luar diri siswa yang mempengaruhi hasil belajar yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat. Berdasarkan pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa faktor yang mempengaruhi hasil belajar terbagi atas dua yaitu faktor dari luar siswa yang meliputi lingkungan sekitar siswadan faktor dari dalam diri siswa itu sendiri yaitu yang berkaitan dengan kemampuan dan keadaan fisik dan psikologi siswa. Kata Kunci : Keterampilan membaca dan menulis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Oct 2020 06:51
Last Modified: 20 Oct 2020 06:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18344

Actions (login required)

View Item View Item