. “Keefektifan Media Foto dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkajene”.

Sutriani, Nasiruddin (2014) . “Keefektifan Media Foto dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkajene”. Diploma thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Sutriani Nasiruddin,.docx

Download (11kB)
[img] Text
Aminuddin.docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK Sutriani Nasiruddin, 2014. “Keefektifan Media Foto dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkajene”. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Mayong dan Syarifah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis berita dengan menggunakan media foto. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Pangkajene Kabupaten Pangkep yang dilaksanakan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkajene dengan jumlah 457 siswa. Jumlah sampel sebanyak 76 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 36 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik analisis teks. Keseluruhan data yang diperoleh dianalisis melalui beberapa tahap: (1) membuat daftar skor mentah, (2) membuat distribusi frekuensi dari skor mentah, (3) analisis statistik deskriptif, dan (4) analisis statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks berita siswa kelas yang diajar dengan menggunakan media foto lebih tinggi dari pada kemampuan siswa yang diajar dengan tidak menggunakan media foto. Agar pembelajaran bahasa Indonesia menjadi lebih menyenangkan, khususnya pembelajaran menulis, maka diharapkan proses pembelajaran dapat dikemas lebih kreatif dan inovatif, baik dari segi materi, model atau metode, maupun media pembelajaran. Hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan motivasi, kualitas, dan kreativitas siswa dalam belajar. Penelitian selanjutnya mengenai media foto, diharapkan dapat menerapkan media ini pada materi yang berbeda dan lebih variatif sehingga dapat menarik minat siswa untuk berpikir kritis, kreatif, dan inovatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:58
Last Modified: 25 Apr 2016 06:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/183

Actions (login required)

View Item View Item