ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK DI SD NEGERI KECAMATAN TOWUTI KABUPATEN LUWU TIMUR

Tapril, Tapril and Jabu, Baso and Wahira, Wahira (2020) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK DI SD NEGERI KECAMATAN TOWUTI KABUPATEN LUWU TIMUR. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
4. ARTIKEL.pdf

Download (362kB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis kompetensi pedagogik guru bersertifikat pendidik di SDN Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur yang meliputi: gambaran kompetensi pedagogik guru bersertifikat pendidik, faktor pendukung dan faktor penghambat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan yang menjadi informan adalah kepala sekolah dan guru . Data dikumpulkan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan 1). Guru telah mengenal karakteristik peserta didiknya, telah menguasai sebagaian teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik walaupun masih kurang menggunakan teknik untuk memotivasi belajar peserta didik dan belum menggunakan respon peserta didik untuk memperbaiki rancangan pembelajaran selanjutnya, telah mengembangkan kurikulum dengan tepat, telah melakukan 2 kegiatan pembelajaran yang mendidik namun belum melakukan kegiatan pembelajaran yang bervariasi, belum mengolah kelas kelas secara efektif, masih kurang mempraktekkan pembelajaran, dan kurang mampu menggunakan audio visual dan TIK, telah memahami dan mengambangkan potensi walaupun belum maksimal dalam memunculkan daya kreativitas dan kemampuan berpikir kritis peserta didik dan mengidentifikasi dengan benar bakat, minat, dan potensi peserta didk, telah menggunakan komunikasi dengan peserta didik secara tepat, dan pada penilaian dan evaluasi guru telah menyusun alat penilaian dengan tepat namun belum maksimal dalam mengumumkan hasil daan implikasinya kepada peserta didik, dan masih jarang melakukan remedial dan pengayaan, belum memanfaatkandan merefleksikan masukan dari peserta didik untuk meningkatkan pembelajaran selanjutnya, dan belum memanfaatkan hasil penelitian sebagai bahan sebagai bahan menusun rancangan pembelajaran selanjutnya. 2). Faktor pendukung kompetensi pedagogik guru bersertifikat pendidik di SDN Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur adalah adanya tunjangan guru yang bersertifikat pendidik, sarana prsarana berupa buku pelajaran untuk peserta didik sudah terpenuhi, meja dan bangku yang sudah lengkap, tersedianya laptop yang diberikan oleh pemerintah dan juga tersedianya lapangan olahraga. 3). Faktor penghambat kompetensi pedagogik guru bersertifikat pendidik di SDN Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu adalah kurangnya pelatihan guru, kurang efektifnya KKG, kurangnya ruang kelas belajar, kurang efektifnya supervisi guru, kurang maksimalnya manajerial kepala sekolah, dan keterbatasan guru dalam mengoperasikan komputer. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Guru Bersertifikat Pendidik

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 14 Oct 2020 03:48
Last Modified: 14 Oct 2020 03:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18292

Actions (login required)

View Item View Item