PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI BIOLOGI KELAS X SEMESTER GENAP MADRASAH ALIYAH (MA) AMIR AL-JANNAH BONE

Sriwahyuni R, Sriwahyuni R (2020) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI BIOLOGI KELAS X SEMESTER GENAP MADRASAH ALIYAH (MA) AMIR AL-JANNAH BONE. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS LITERASI SAINS.pdf

Download (235kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif berbasis literasi sains yang bersifat valid, praktis, dan efektif. Pengembangan multimedia interaktif berbasis literasi sains dikembangkan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahapan analisis (Analyze), perancangan (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Instrumen pengumpulan data multimedia interaktif berbasis literasi sains menggunakan lembar validasi ahli untuk mengumpulkan data kevalidan multimedia interaktif, untuk mengumpulkan data kepraktisan multimedia interaktif berbasis literasi sains menggunakan lembar aktivitas keterlaksanaan, angket respon peserta didik dan pendidik, untuk mengumpulkan data keefektifan multimedia interaktif berbasis literasi sains menggunakan tes motivasi dan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkanbahwa multimedia interaktif berbasis literasi sains yang dikembangkan memiliki ciri khas yaitu menyajikan indikator litrasi sains yang tertuang dalam soal-soal evaluasi pada setiap materi biologi kelas X semester genap, juga telah memenuhi nilai kevalidan dengan nilai rata-rata total kevalidan pengembangan produk berada pada kategori valid (4.45). Hasil keterlakanaan aktivitas memenuhi kriteria kepraktisan karena rata-rata keterlaksanaan aktivitas peserta didik dan guru terhadap pengembangan produk berada pada kategori terlaksana dengan baik (4.9). Hasil respon memenuhi kriteria kepraktisan karena rata-rata respon peserta didik terhadap pengembangan produk berada pada kategori sangat praktis (92.0%) dan rata-rata nilai respon pendidik terhadap pengembangan produk juga berada pada kategori sangat praktis (100%). Hasil belajar memenuhi kriteria kefektifan karena jumlah peserta didik yang memperoleh nilai tuntas pada saat posttest (85,00%) berada pada kategori sangat baik serta rata-rata nilai N-Gain ternormalisasi yakni 0,75 berada pada kategori tinggi dan hasil motivasi belajar memenuhi kriteria keefektifan dengan nilai persentase motivasi belajar (85,00%) dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis literasi sains yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Kata kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Literasi Sains, Biologi.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 13 Oct 2020 03:46
Last Modified: 13 Oct 2020 03:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18273

Actions (login required)

View Item View Item