Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Fluktuasi Harga Ikan Laut Segar di Sulawesi Selatan

Rahim, Abd and Kurniawan, Agung Widhi and Hastuti, Diah Retno Dwi (2016) Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Fluktuasi Harga Ikan Laut Segar di Sulawesi Selatan. Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
21.a. Faktor-faktor yang mempengaruhi Fluktuasi Harga Ikan Laut Segara di Sulwesi Selatan - Laporan Penelitian PNBP Pascasarjana - (Rahim et al., November 2016).pdf

Download (1MB)
[img] Text
21.b. Peer Reviewer 1 & 2 - Laporan Penelitian PNBP Pascasarjana UNM.pdf

Download (807kB)

Abstract

Fluktuasi harga komoditas ikan laut segar di Sulawesi Selatan yang disebabkan oleh faktor musim sehingga terjadi ketidakseimbangan antara permintaan dan penawaran ikan laut segar di Kabupaten Barru. Pada sisi penawaran, saat musim penangkapan (panen) terjadi over supply, sedangkan musim paceklik (barat dan timur) ataupun musim penangkapan saat terjadi bulan purnama produksi menurun. Hal ini pula mengakibatkan fluktuasi harga sehingga dampaknya pendapatan nelayan menurun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi fluktuasi harga ikan laut segar (kembung, lemuru, dan layang) di Sulawesi Selatan. Tujuan tersebut menggunakan metode analisis regresi berganda dan pengujian asumsi klasik (multikolinearitas dan autokorelasi) dengan pendekatan metode data panel dengan fixed effect dengan data runtun waktu tahun 1996 s.d. 2015. Hasil penelitian menemukan bahwa secara umum fluktuasi harga ikan laut segar (gabungan jenis ikan kembung, lemuru, dan layang) di Sulawesi Selatan dipengaruhi secara positif oleh harga sesama jenis ikan, harga sesama jenis ikan waktu lalu, pendapatan per kapita, dan perbedayaan wilayah, artinya setiap perubahan kenaikan harga sesama jenis ikan, harga sesama jenis ikan waktu lalu, pendapatan per kapita, dan perbedayaan wilayah maka akan terjadi kenaikan harga ikan laut segar, hal ini dapat terjadi karena tiap-tiap konsumen dalam hal ini masyakat Sulawesi Selatan mempunyai preferensi yang berbeda-beda seperti ras, agama, penduduk kota atau desa, pendidikan, dan pergaulannya.

Item Type: Other
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > EKONOMI PEMBANGUNAN - (S1)
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Muhammad Hasan
Date Deposited: 15 Oct 2020 03:55
Last Modified: 15 Oct 2020 04:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18243

Actions (login required)

View Item View Item