PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) DI SMP NEGERI 1 SUNGGUMINASA

Rukmalasari, Rukmalasari and Hala, Yusminah and Jumadi, Oslan (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) DI SMP NEGERI 1 SUNGGUMINASA. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL RUKMALASARI.pdf

Download (338kB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa lembar kerja peserta didik berbasis predict-observe-explain (POE) pada materi sistem pernapasan manusia. Peneltian pengembangan ini mengacu pada pada pengembangan model 4-D yang terdiri dari empat tahap, yakni tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (desseminate). Teknik pengambilan data menggunakan teknik tes dan non tes dengan instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi instrumen, angket respon guru, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII D SMP Negeri 1 Sunguminasa sebanyak 36 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) lembar kerja peserta didik berbasis predict-observe-explain (POE) pada materi sistem pernapasan manusia memenuhi kriteria valid dengan skor rerata sebesar 4,5; 2) lembar kerja peserta didik berbasis predict-observe-explain (POE) pada materi sistem pernapasan manusia memenuhi kriteria praktis dengan nilai rerata PRG sebesar 92 dan nilai rerata PRS sebesar 90,5; 3) lembar kerja peserta didik berbasis predict-observe-explain (POE) pada materi sistem pernapasan manusia memenuhi kriteria efektif dengan persentasi ketuntasan sebesar 88,89%; 4) validitas lembar kerja peserta didik berbasis predict-observe-explain pada materi sistem pernapasan manusia dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yang ditunjukkan dengan nilai fisher’s exact test sebesar .045; 5) kepraktisan lembar kerja peserta didik berbasis predict-observe-explain pada materi sistem pernapasan manusia dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yang ditunjukkan dengan nilai fisher’s exact test sebesar .012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis POE telah memenuhi syarat kelayakan yaitu valid, praktis, dan efektif sehingga layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran IPA yaitu pada materi sistem pernapasan manusia. Produk lembar kerja peserta didik berbasis POE pada materi sistem pernapasan yang telah dikembangkan selanjutnya didistribusikan dalam jumlah terbatas yaitu kepada 2 guru mata pelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri 1 Sungguminasa. Kata kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Strategi Pembelajaran Predict-ObserveExplain

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
PASCASARJANA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Oct 2020 06:31
Last Modified: 12 Oct 2020 06:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18219

Actions (login required)

View Item View Item