HUBUNGAN ANTARA KELENTUKAN PERGELANGAN TANGAN DAN KESEIMBANGAN TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS PENDEK DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS PADA BKMF BULUTANGKIS FIK UNM

Firman, Muh. Fathi Zulfikar (2020) HUBUNGAN ANTARA KELENTUKAN PERGELANGAN TANGAN DAN KESEIMBANGAN TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS PENDEK DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS PADA BKMF BULUTANGKIS FIK UNM. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
jurnal fathi.pdf

Download (199kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Kelentukan Pergelangan Tangan dan Keseimbangan Terhadap Kemampuan Servis Pendek Dalam Permainan Bulutangkis Pada Atlet BKMF BULUTANGKIS FIK UNM. Jenis Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif. Variabel penelitian terdiri atas variabel bebas yaitu kelentukan pergelangan tangan dan keseimbangan, sedangkan variabel terikatnya yaitu kemampuan servis pendek. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh atlet putra BKMF BULUTANGKIS FIK UNM dengan sampel penelitian 30 orang. Teknik penentuan sampel adalah dengan menggunakan “total sampling”. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi dan regresi dengan menggunakan sistem SPSS Versi 22.00 pada taraf signifikansi 95 % atau (α) = 0.05. Bertolak dari hasil analisis data, maka penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1). Ada hubungan yang signifikan kelentukan pergelangan tangan dan kemampuan servis pendek dalam permainan bulutangkis pada atlet BKMF BULUTANGKIS FIK UNM, terbukti dengan nilai r hitung (ro) = 0,846 (P=0,000 < α:0,05) untuk nilai R kuadrat (koefesien determinasi) 0,715. Hal ini berarti 71,5% kemampuan servis pendek dalam permainan bulutangkis dijelaskan oleh kelentukan pergelangan tangan 2). Ada hubungan yang signifikan keseimbangan dan kemampuan servis pendek dalam permainan bulutangkis pada atlet BKMF BULUTANGKIS FIK UNM, terbukti dengan nilai r hitung (ro) = 0,776 (P=0,000 < α:0,05) untuk nilai R kuadrat (koefesien determinasi) 0,602. Hal ini berarti 60,2% kemampuan servis pendek dalam permainan bulutangkis dijelaskan oleh keseimbangan ; ; 3). Ada hubungan yang signifikan antara kelentukan pergelangan tangan, keseimbangan dan kemampuan servis pendek dalam permainan bulutangkis pada atlet BKMF BULUTANGKIS FIK UNM, terbukti dengan nilai r hitung (ro) = 0,846 (P=0,000< α:0,05) untuk nilai R kuadrat (koefesien determinasi) 0,716. Hal ini berarti 71,6% kemampuan servis pendek dalam permainan bulutangkis dijelaskan oleh kelentukan pergelangan tangan dan keseimbangan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > Pend. Jasmani dan Olahraga
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 06 Oct 2020 03:46
Last Modified: 06 Oct 2020 03:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18200

Actions (login required)

View Item View Item