Pengaruh Model Pembelajaran Discovery learning Terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Sistem Pendingin Siswa XI Jurusan TKR SMKN 3 Toraja Utara

Linok, Roni Tandi and Yahya, Muh. and Mandra, Moh. Ahsan S. (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery learning Terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Sistem Pendingin Siswa XI Jurusan TKR SMKN 3 Toraja Utara. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (459kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI Jurusan TKR SMKN 3 Toraja Utara. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran discovery learning sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa kelas XI. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan TKR SMKN 3 Toraja utara yang tersebar dalam 3 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas TKR 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 25 orang dan kelas TKR 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang, sampel penelitian diambil dengan menggunakan metode pengambilan sampel dengan syarat dimana syarat dari sampel penelitian harus bersifat homogen untuk itu pengujian pre-test dilakukan untuk melihat tingkat homogenitas sampel penelitian. Berdasarkan hasil uji homogeneity of variances dengan bantuan SPSS menghasilkan nilai signifikansi 0.911. Hal ini menunjukkan sampel penelitian bersifat homogen. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes sebelum dan sesudah pembelajaran pada materi pokok sistem pendingin yang dianalisis menggunakan uji t. Pada pengujian yang dilakukan dengan bantuan SPSS dapat dilihat bahwa nilai t hitung 6,024 > dari t tabel 1,710 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan model discovery learning terhadap hasil belajar siswa dan pada pengujian hipotesis dengan uji paired samples test menghasilkan nilai sig 0.00 oleh karena itu H0 ditolak, dimana Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap hasil belajar siswa. Adapun perbedaan peningkatan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 8,48. Kata Kunci : model disco

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Otomotif
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 21 Sep 2020 03:54
Last Modified: 21 Sep 2020 03:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18174

Actions (login required)

View Item View Item