Optimalisasi Pemanfaatan Fasilitas Praktik Di Laboratorium Pengelasan Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.

Tamrin, Muh. (2020) Optimalisasi Pemanfaatan Fasilitas Praktik Di Laboratorium Pengelasan Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Muh. Tamrin (Jurnal).pdf

Download (750kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi kondisi fasilitas praktik di laboratorium pengelasan dan penggunaan fasilitas praktik di Laboratorium pengelasan Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan menggambarkan keadaan fasilitas praktik pengelasan khususnya ditinjau dari fasilitas area di laboratorium pengelasan, fasilitas pengelasan di laboratorium pengelasan dan fasilitas penunjang di laboratorium pengelasan. Metode pengumpulan data yang dipakai peneliti adalah menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa fasilitas praktik di laboratorium pengelasan jurusan pendidikan teknik otomotif jika ditinjau dari fasilitas area adalah 93% (baik), fasilitas pengelasan 96% (baik) dan fasilitas penunjang 97% (baik). Jadi jika di rata-ratakan kondisi fasilitas bengkel pemesinan adalah 95% (baik), sedangkan tingkat keoptimalan penggunaan fasilitas bengkel ditinjau dari jadwal pemakaian mesin dan jadwal ideal adalah 66% (optimal). Kata Kunci: Optimal, Kondisi, dan Laboratorium Pengelasan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Otomotif
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 14 Sep 2020 04:25
Last Modified: 14 Sep 2020 04:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18145

Actions (login required)

View Item View Item