PERAN LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (LPM) DALAM PEMBANGUNAN DESA (Studi di Desa Ranga Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang)

Asmawati, Asmawati (2020) PERAN LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (LPM) DALAM PEMBANGUNAN DESA (Studi di Desa Ranga Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (180kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan di desa Ranga. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peran LPM sebagai fasilitator belum berfungsi dengan baik karena tidak mampu menampung aspirasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan, kedua peran sebagai mediator juga belum mampu memfasilitasi rapat dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat, ketiga peran sebagai motivator terlihat dari upaya mendampingi masyarakat dalam pemanfaatan dan perawatan pembangunan fisik di desa Ranga, yang keempat peran sebagai dinamisator adalah upaya mengawasi jalannya pembangunan fisik di desa Ranga. Kemudian partisipasi masyarakaat dalam pembangunan di dilihat dari beberapa indicator. Pertama, pengambilan keputusan menunjukkan partisipasi masyarakat melalui kontribusi ide, gagasan dan masukan dalam kegiatan Musrembang desa, kedua pelaksanaan menunjukkan partisipasi masyarakat melalui pengerjaan pembangunan di desa dilakukan dengan gotong royong oleh masyarakat desa, ketiga pemanfaatan menunjukkan partisipasi masyarakat melalui upaya masyarakat memanfaatkan pembangunan sesuai dengan fungsinya dan yang keempat evaluasi tidak menunjukkan partisipasi masyarakat dikarenakan ketidaktahuan mereka terhadap tahapan ini. Kata Kunci : LPMD, Pembangunan, Partisipasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL
FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Sosiologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: Dede Yulistian A.Md
Date Deposited: 24 Sep 2020 05:34
Last Modified: 24 Sep 2020 05:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18143

Actions (login required)

View Item View Item