PENGARUH KETIDAKSEIMBANGAN BEBAN TERHADAP PEMBEBANAN DAN EFISIENSI TRANSFORMATOR PADA GARDU DISTRIBUSI PT. PLN (Persero) ULP SUNGGUMINASA

Duri’, Ariyen and Mangesa, Riana T. and Sidik, Udin Sidin (2020) PENGARUH KETIDAKSEIMBANGAN BEBAN TERHADAP PEMBEBANAN DAN EFISIENSI TRANSFORMATOR PADA GARDU DISTRIBUSI PT. PLN (Persero) ULP SUNGGUMINASA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal-Ariyen Duri' 1624041002.pdf

Download (331kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa besar ketidakseimbangan beban, pembebanan dan efisiensi transformator pada jaringan distribusi di PT PLN (Persero) ULP Sunggiminasa, serta untuk mengetahui pengaruh ketidakseimbangan beban terhadap pembebanan transformator dan efisiensi transformator. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dianalisis dengan analisis deskriptif dan asosiatif. Data penelitian diperoleh dengan teknik dokumentasi dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 47 unit transformator yang mengalami ketidakseimbangan beban yang melebih batas maksimum dari 25%, terdapat 5 unit transformator yang melebih batas maksimum dari 80% persentase pembebanan transformator, dan efisiensi transformator yang terendah adalah 93.31% dan yang terendah adalah 99.993% dimana diketahui bahwa efisiensi akan semakin besar apabila daya masuk dan daya keluar tidak mempunyai selisih yang besar. Untuk analisis pengaruh ketidakseimbangan beban terhadap pembebanan transformator dan efisiensi transformator diketahui bahwa semakin besar persentase ketidakseimbangan beban maka semakin kecil persentase pembebanan transformator dan semakin besar persentase ketidakseimbangan beban maka semakin kecil efisiensi transformator. Kata Kunci: Efisiensi, Ketidakseimbangan, Pembebanan, Transformator.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik elektro
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 08 Sep 2020 06:23
Last Modified: 08 Sep 2020 06:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18137

Actions (login required)

View Item View Item