PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS SENDRATASIK PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 4 TAKALAR

HAMSAR, ISRAWATI (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS SENDRATASIK PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 4 TAKALAR. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL UJIAN TESIS.pdf

Download (249kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) peningkatan kreativitas belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran project based learning berbasis sendratasik, (2) Peningkatan aktivitas belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran project based learning berbasis sendratasik, (3) Perbedaan kreativitas belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran project based learning berbasis sendratasik dengan tidak menggunakan model pembelajaran project based learning berbasis sendratasik, dan (4) Perbedaan aktivitas belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran project based learning berbasis sendratasik dengan tidak menggunakan model pembelajaran project based learning berbasis sendratasik. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah Peserta didik kelas XII. IPA SMA Negeri 4 Takalar dengan jumlah 260 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah Kelas XII.IPA.4 sebanyak 34 Orang sebagai kelas eksperimen, dan XII.IPA.2 sebanyak 32 orang sebagai kelas kontrol.teknik pengambilan sample menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) hasil analisis inferential dengan uji paired sample t test menunjukkan nilai t-hitung lebih besar dibandingkan t-tabel dengan nilai sig lebih kecil dari 0.05 yang berarti bahwa kreativitas belajar peserta didik mengalami peningkatan, (2) hasil analisis deksriptif menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar peserta didik, hal ini dapat dilihat dari frekuensi tertinggi pada aktivitas belajar peserta didik pertemuan 1 dengan kriteria cukup baik sebanyak 21 peserta didik atau sebesar 61.8%. Kemudian pada pertemuan 5 dengan kriteria baik sebanyak 24 atau sebesar 70.6%, (3) hasil analisis inferential dengan uji independent sample t test menunjukkan nilai t-hitung lebih besar dibandingkan t-tabel dengan nilai sig lebih kecil dari 0.05 yang berarti bahwa kreativitas peserta didik kelas eksperimen memiliki perbedaan secara signifikan dengan kreativitas belajar peserta didik kelas kontrol, dan (4) terdapat perbedaan aktivitas belajar kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol hal ini dapat dilihat dari frekuensi tertinggi pada kelompok eksperimen berada pada kriteria sangat baik sedangkan pada kelompok kontrol frekunsi tertinggi berada pada kriteria baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelompok kontrol. Kata Kunci :Model, project based learning, Sendratasik, Kreativitas, Aktivitas.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 31 Aug 2020 07:19
Last Modified: 31 Aug 2020 07:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18097

Actions (login required)

View Item View Item