UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLAVOLI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VIII.1 SMP NEGERI 30 MAKASSAR

HASNI, HASNI (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLAVOLI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VIII.1 SMP NEGERI 30 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (264kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; untuk mengetahui permainan 3 on 3 dapat meningkatkan kemampuan passing bawah bolavoli pada siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 30 Makassar. Penelitian Tindakan Kelas meliputi 2 siklus yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Populasinya adalah keseluruhan Siswa Kelas VIII.1 SMP Negeri 30 Makassar. Sampel yang digunakan adalah siswa VIII.1 sebanyak 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; siklus II sebanyak 28 siswa atau 88% telah tuntas belajar dibandingkan data nilai siklus I 22 siswa atau 69%, dan siklus II sebanyak 4 siswa atau 12% belum tuntas belajar dibandingkan data nilai siklus I, 10 siswa atau 31%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini telah mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu 88% siswa mempunyai ketuntasan belajar minimal pada kategori tuntas belajar. Data yang diperoleh sebelum dan setelah dilaksanakan tindakan menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa yang ditunjukkan dengan hasil keterampilan gerak siswa. Sebelum diterapkannya modifikasi media pada pembelajaran Pendidikan Jasmani Kesehatan materi passing bawah melalui permainan 3 on 3. Kata kunci: Passing Bawah Bolavoli, Pendekatan bermain.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 28 Aug 2020 05:37
Last Modified: 28 Aug 2020 05:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18069

Actions (login required)

View Item View Item