MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE TWO STAY TWO STRAY(TS-TS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SENI TARI NUSANTARA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 BARRU

RILLASARI, RILLASARI, (2020) MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE TWO STAY TWO STRAY(TS-TS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SENI TARI NUSANTARA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 BARRU. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL RILLASARI.pdf

Download (362kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar seni Tari Nusantara siswa kelas X SMA Negeri 5 Barru Tahun Ajaran 2019/2020.Sesuai dengan rumusan masalah yaitu :1). Bagaimana penerapan model kooperatif TS-TS yang dapat meningkatkan aktivitas belajar seni tari Nusantara pada kelas X SMAN 5 Barru dan 2). Bagaimana peningkatan aktivitas belajar seni tari Nusantara setelah diterapkan model kooperatif TS-TS pada siswa kelas X SMAN 5 Barru. Penelitian ini dilakukan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Kompetensi Dasar yang dipelajari siswa dalam penelitian ini kompetensi dasar Tari Nusantara dengan materi pengertian, unsur-unsur tari dan perkembangan tari bali, jenis, serta peran tari Bali dalam gerakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 5 Barru Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 32 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes unjuk kerja. Sedangkan untuk Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas belajar dan tes injuk kerja. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Peningkatan Aktivitas Belajar Seni Tari Nusantara setelah diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Barru. Dalam kegiatan yang efektif atau kegiatan belajar dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini didukung berdasarkan data observasi terhadap aktivitas belajar Tari Nusantara siswa selama proses pembelajaran. Berdasarkan data tersebut menunjukkan adanya peningkatan persentase. Skor Aktivitas Belajar Tari Nusantara siswa pada siklus I diperoleh skor rata-rata sebesar 71,29%. Pada siklus II skor rata-rata meningkat menjadi 85,64% dengan persentase peningkatan dari siklus I sebesar 14,35%. Berdasarkan data observasi tersebut, menyimpulkan bahwa sebagian besar siswa atau lebih dari 75% siswa memiliki aktivitas yang tinggi setelah tindakan pembelajaran dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 31 Aug 2020 03:32
Last Modified: 31 Aug 2020 03:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18045

Actions (login required)

View Item View Item