PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF FISIKA PESERTA DIDIK SMA NEGERI DI KABUPATEN POLEWALI MANDAR

Rahman, Atirah and Ali, Muhammad Sidin and Arsyad, Muhammad (2020) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF FISIKA PESERTA DIDIK SMA NEGERI DI KABUPATEN POLEWALI MANDAR. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
1 ARTIKEL.pdf

Download (525kB)

Abstract

: Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk (1) mendeskripsikan gambaran kecerdasan emosional, motivasi belajar Fisika, dan kemampuan berpikir kreatif Fisika; (2) menganalisis pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap kemampuan berpikir kreatif Fisika; (3) menganalisis pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar Fisika; (4) menganalisis pengaruh langsung motivasi belajar Fisika terhadap kemampuan berpikir kreatif Fisika; (5) menganalisis pengaruh tidak langsung kecerdasan emosional terhadap kemampuan berpikir kreatif Fisika melalui motivasi belajar Fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto, dengan variabel penelitian adalah kecerdasan emosional dan motivasi belajar Fisika sebagai variabel bebas, sedangkan kemampuan berpikir kreatif Fisika sebagai variabel tak bebas (terikat). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri di Kabupaten Polewali Mandar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah area proportional random sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kecerdasan emosional dan motivasi belajar Fisika peserta didik masing-masing berada pada kategori tinggi sedangkan kemampuan berpikir kreatif Fisika berada pada kategori sedang; (2) kecerdasan emosional memiliki pengaruh langsung yang positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif Fisika peserta didik; (3) kecerdasan emosional berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap motivasi belajar Fisika peserta didik; (4) motivasi belajar Fisika berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif Fisika peserta didik; (5) kecerdasan emosional memiliki pengaruh tidak langsung terhadap kemampuan berpikir kreatif Fisika melalui motivasi belajar Fisika peserta didik. Kata kunci : Kecerdasan Emosional, Kemampuan Berpikir Kreatif Fisika, Motivasi Belajar Fisika.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 24 Aug 2020 05:05
Last Modified: 24 Aug 2020 05:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18042

Actions (login required)

View Item View Item