PENGARUH PRAKTIK KERJA LAPANGAN TERHADAP KESIAPAN KERJA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 PADA SISWA KELAS XII SMK NEGERI 3 MAKASSAR

Rahman, Awaluddin and Amiruddin, Amiruddin and Latief, Nurlaela (2020) PENGARUH PRAKTIK KERJA LAPANGAN TERHADAP KESIAPAN KERJA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 PADA SISWA KELAS XII SMK NEGERI 3 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Awaluddin Rahman Artikel.pdf

Download (362kB)

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode penelitian kuantitatif merupakan salah satu jenis penelitian yang spesifikasinya adalah sistematis, terencana dan terstruktur dengan jelas sejak awal hingga pembuatan desain penelitiannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh praktik kerja lapangan terhadap kesiapan kerja di era revolusi industry 4.0 pada siswa kelas XII SMK Negeri 3 Makassar. Subjek pada penelitian ini sebanyak 19 siswa kelas XII SMK Negeri 3 Makassar. Teknik penentuan sampel dengan cara mengambil seluruh anggota populasi sebagai responden. Jenis pengumpulan data dilakukan dengan angket tertutup, yaitu angket yang telah di lengkapi dengan alternatif jawaban, sehingga responden tinggal memilih salah satu jawaban yang telah di sediakan. Data penelitian yang terkumpul diolah menggunakan SPSS 24 dimulai dari uji validasi, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, analisis data (hipotesis), uji regresi sederhana dan uji t. Dari hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan terdapat pengaruh praktik kerja lapangan terhadap kesiapan kerja di era revolusi industri 4.0 pada siswa kelas XII SMK Negeri 3 Makassar, dengan nilai persentase pada variabel X sebesar 53% dan Y sebesar 37%. Berdasarkan hasil nilai signifikan uji normalitas sebesar 0,600 untuk variabel (X), dan untuk varibel (Y) diperoleh nilai signifikan sebesar 0,959, sehingga dapat dikatakan seluruh variabel berdistribusi normal. Selanjutnya pada uji linieritas diperoleh nilai signifikan sebesar 0,246, sehingga disimpulkan bahwa kedua variabel memiliki pengaruh yang linear. Sedangkan pada uji t yang dikonsultasikan dengan nilai tabel, dapat dikatakan nilai thitung lebih besar dari ttabel (7.599>2.110). Kata Kunci : Praktik Kerja Lapangan, Kesiapan Kerja di Era Revolusi Industri 4.0.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Mesin
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 19 Aug 2020 04:27
Last Modified: 19 Aug 2020 04:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18018

Actions (login required)

View Item View Item