PENGARUH TIPE KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA

RANI. DJ, ASMADI (2020) PENGARUH TIPE KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Asmadi Rani Dj.pdf

Download (205kB)

Abstract

ABSTRAK, Telah dilakukan Penelitian bertujuan untuk mengetahui: Gambaran tipe kepemimpinan kepala sekolah di SD Kecamatan Somba Opu, Gambaran motivasi kerja guru motivasi di SD Kecamatan Somba Opu, Pengaruh tipe kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru di sekolah dasar Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif. Adapun sumber datanya diperoleh dari guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di sekolah dasar Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa yang berjumlah 269 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik probability sampling tipe propotional random sampling. Jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5% sehingga diperoleh sampel sebanyak 160 orang. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiap sub variabel tipe kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif terhadap motivasi kerja guru, Dimana tipe kepemimpinan otokratis berkontribusi sebesar 9,8%, tipe kepemimpinan demokratis berkontribusi sebesar 17,6%, tipe kepemimpinan laissez faire berkontribusi sebesar 12,2%. Tetapi hanya dua berpengaruh secara signifikan yakni tipe kepemimpinan otokratis dan demokratis. Kata Kunci: Tipe Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja Guru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 18 Aug 2020 03:50
Last Modified: 18 Aug 2020 03:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18010

Actions (login required)

View Item View Item