: Analisis Kesalahan Pemakaian Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan dalam Penulisan Surat Dinas pada Siswa Kelas IX Putra SMP Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar

Ruslan, Ruslan (2014) : Analisis Kesalahan Pemakaian Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan dalam Penulisan Surat Dinas pada Siswa Kelas IX Putra SMP Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar. Diploma thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
RUSLAN.docx

Download (13kB)

Abstract

Abstrak: Analisis Kesalahan Pemakaian Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan dalam Penulisan Surat Dinas pada Siswa Kelas IX Putra SMP Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kesalahan pemakaian huruf dalam penulisan surat dinas pada siswa kelas IX Putra SMP Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar; (2) mendeskripsikan kesalahan penulisan kata dalam penulisan surat dinas pada siswa kelas IX Putra SMP Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar; (3) mendeskripsikan kesalahan pemakaian tanda baca dalam penulisan surat dinas pada siswa kelas IX Putra SMP Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar; (4) mendeskripsikan kesalahan penulisan unsur serapan dalam penulisan surat dinas pada siswa kelas IX Putra SMP Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar; (5) mendeskripsikan sumber kesalahan pemakaian pedoman EYD dalam menulis surat dinas yang dilakukan oleh siswa kelas IX Putra SMP Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis kesalahan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX Putra SMP Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar. Sampel penelitian ini sebanyak 27 siswa. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik sampling sistematis. Dalam penelitian ini ada dua kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas IX A-1 dan kelas IX A-2. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data, yaitu tes dan nontes. Dari hasil penelitian ditemukan: (1) sebanyak 252 data kesalahan pemakaian huruf; (2) sebanyak 127 data kesalahan pemakaian tanda baca; (3) sebanyak 76 data kesalahan penulisan kata; (4) sebanyak 76 data kesalahan penulisan unsur serapan; (5) sumber kesalahan pemakaian EYD adalah bahasa yang digunakan (13,88%), pemilihan bahan (11,26%), pengajaran (4,7%), dan kesadaran siswa (2,77%). Dapat diketahui bahwa kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa adalah kesalahan pemakaian huruf dan sumber utama kesalahan pemakaian EYD dalam tulisan surat dinas siswa adalah bahasa yang digunakan untuk menjelaskan materi surat dinas dan pemakaian EYD. Sesuai dengan hasil penelitian ini diajukan saran: (1) guru mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia diharapkan dapat memberi penjelasan yang lebih rinci tentang pemakaian EYD dalam surat dinas dan memperhatikan kondisi dan pengetahuan siswa dengan lebih banyak berinteraksi dalam proses belajar mengajar: (2) peneliti lain yang akan meneliti pemakaian EYD dalam tulisan surat dinas siswa diharapkan dapat menggunakan desain penelitian yang berbeda untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Kata kunci: surat dinas, ejaan, sumber-sumber kesalahan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:57
Last Modified: 25 Apr 2016 06:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/180

Actions (login required)

View Item View Item