Implementasi Pembelajaran IPS Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Materi Ketenagakerjaan dan Pembentukan Harga Pasar dalam Mingkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII/d MTs Hj. Haniah Kabupaten Maros.

ALAM, SYAMSU (2014) Implementasi Pembelajaran IPS Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Materi Ketenagakerjaan dan Pembentukan Harga Pasar dalam Mingkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII/d MTs Hj. Haniah Kabupaten Maros. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
SYAMSU ALAM, 2014..doc

Download (33kB)

ABSTRAK SYAMSU ALAM. 2014. Implementasi Pembelajaran IPS Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Materi Ketenagakerjaan dan Pembentukan Harga Pasar dalam Mingkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII/d MTs Hj. Haniah Kabupaten Maros. (Dibimbing oleh H. Muchtar Yunus, dan H. Muhammad Azis). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (i) gambaran proses pembelajaran IPS sebelum diimplemntasikan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada peserta didik, (ii) gambaran aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran IPS melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), (iii) Untuk mengetahui respon peserta didik dalam proses pembelajaran IPS melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), (iv) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik setelah mengimplementasi pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yang dimaksudkan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar setelah mengimplementasikan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Jenis penelitian adalah penelitian Tindakan Kelas. Tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan tehnik kuatitatif dengan pendekatan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan (i) sebelum diimplementasikan Contextual Teaching and Learning (CTL),dilakukan dengan pembelajaran komvensional dengan menggunakan metode ceramah, pendidik sebagai sumber utama dalam pembelajaran. Peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran bersifat individual dan bersifat komunikasi satu arah, kegiatan didominasi mencatat, menghapal dan menerima instruksi dari pendidik, (ii) setelah diimplemtasikan dilakukan dengan belajar melalui kelompok-kelompok, saling berdiskusi, saling bertukar pikiran, memberi dan menerima informasi baik dari pendidik maupun dari peserta didik lainnya, (iii) dari 30 responden dengan aspek yang direspon terdapat semua responden merasa senang dengan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), (iv) pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik yang ditandai dengan peningkatan rata-rata hasil belajar pada peserta didik pada siklus I dan siklus II. ABSTRACT SYAMSU ALAM, 2014. Implementation of Social Learning Through Contextual Teaching and Learning ( CTL ) Approach on Laboar and the Forming of Market Price Learning Material in Improving Learning Results of Grade VIII / d Student at MTs Hj . Haniah in Maros district. (Supervised by H. Muchtar Yunus and Dr H. Muhammad Aziz) This study aimed at analyzing (i) the process of social learning before implementing Contextual Teaching and learning (CTL) learning approach to students, (ii) students’ avtivity in the process of social learning through CTL approach, (iii) students’ response in the process of social learning through CTL approach, (iv) the improvement of learning result of students after implementing CTL approach. The study employed descriptive approach which meant to examine the improvement of learning result after implemnting CTL learning. The study was a classroom action research. Data were collcted through observation, interview, and documentation. Data were analyzed using qualitative technique with statistic inferential approach. The results of the study revealed that (i) before implementing the CTL, the learning was conducted with conventional way by employing lecturing method, teacher as the main source in learning, student do the activity individually and in a one way communication, the activities were dominated by talking notes, learning by heart, and taking instruction from the teacher, (ii) after implementing the CTL, the learning was conducted in groups, having discussin, sharing ideas, giving and talking information from the teacher as well as the students, (iii) all 30 respondents gave positive response on the aspects of having CTL learning, and (iv) learning by employing CTL approach gave positive impact in improving learning result of students indicated by the improvement of the mean of learning result of student in cycle 1 and cycle II

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Penlitian dan evaluasi Pendidikan
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Dec 2016 00:55
Last Modified: 28 Dec 2016 00:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1799

Actions (login required)

View Item View Item