NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KUMPULAN CERPEN SENYUM KARYAMIN KARYA AHMAD TOHARI DAN KONTRIBUSINYA DALAM MATERI PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA (KAJIAN SEMIOTIK)

Adeliza, Juliza and Tang, Muhammad Rapi and Agussalim AJ, Andi (2020) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KUMPULAN CERPEN SENYUM KARYAMIN KARYA AHMAD TOHARI DAN KONTRIBUSINYA DALAM MATERI PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA (KAJIAN SEMIOTIK). S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Tesis Juliza Adeliza.pdf

Download (259kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam kumpulan cerpen Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari berdasarkan wujud ikon, indeks, dan simbol serta kontribusi terhadap pengajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari cerpen yang berjudul Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanda nilai pendidikan karakter dalam cerpen Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari: (1) ikon yang terdiri atas tiga jenis, yaitu: (a) ikon topologis yang memuat nilai pendidikan karakter: kerja keras, bersahabat/komunikatif, kreatif, dan religius; (b) ikon diagramatik yang memuat nilai pendidikan karakter: disiplin, kreatif, kerja keras, tanggung jawab, peduli sosial, rasa ingin tahu, jujur, cinta damai, religius, menghargai prestasi, dan mandiri; serta (c) ikon metafora yang memuat nilai pendidikan karakter: peduli sosial, cinta damai, dan kreatif. (2) Indeks terdiri atas nilai pendidikan karakter: kerja keras, bersahabat/komunikatif, disiplin, cinta damai, tanggung jawab, jujur, peduli sosial, demokratis, rasa ingin tahu, religius, dan nilai temuan yaitu nilai sederhana. (3) Simbol terdiri atas nilai pendidikan karakter: bersahabat/komunikatif, peduli sosial, disiplin, tanggung jawab, cinta tanah air, kerja keras, menghargai prestasi, jujur, religius, dan kerja keras. 4) Kontribusi nilai pendidikan karakter dalam teks kumpulan cerpen Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari pada pengajaran bahasa Indonesia adalah pemanfaatan cerpen sebagai bahan atau media untuk mengembangkan nilai karakter budaya bangsa di sekolah terutama pada pengajaran teks cerpen kelas XI. . Kata kunci: nilai pendidikan karakter, cerpen, semotik

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 13 Aug 2020 06:27
Last Modified: 13 Aug 2020 06:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17979

Actions (login required)

View Item View Item