PENGARUH PERILAKU KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) DI BENGKEL TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTIK PEMESINAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 10 MAKASSAR

Alam, Subhan and Anwar, Badaruddin and Adam, Asmah (2020) PENGARUH PERILAKU KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) DI BENGKEL TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTIK PEMESINAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 10 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
SUBHAN ALAM ARTIKEL.pdf

Download (466kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh perilaku kesehatan dan keselamatan kerja (K3) terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran praktik pemesinan kelas XI SMK Negeri 10 Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jumlah total populasi 20 siswa jurusan teknik pemesinan ( TPM ) di SMK Negeri 10 Makassar. Teknik penentuan sampel dengan cara mengambil seluruh anggota populasi sebagai responden. Pengolahan data penelitian menggunakan SPSS 24 dimulai dari uji validasi, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, analisis data (hipotesis), uji regresi sederhana dan uji t. R hitug dalam penelitian ini diperoleh 0,696 lebih besar dari r tabel sebesar 0,468 dan t hitung lebih besar dari t tabel (4,110 > 1,734) taraf signifikan 5% (N=20 dan df=18) yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel perilaku kesehatan dan keselamatan kerja (X) terhadap variabel hasil belajar Siswa (Y), dengan koefisien determinasi sebesar 48,4% sehingga berpengaruh signifikan, artinya jika semakin baik perilaku kesehatan dan keselamatan kerja (K3) maka semakin baik hasil belajar praktik pemesinan siswa. Kata Kunci : Perilaku kesehatan dan keselamatan kerja (K3), Hasil Belajar, Praktik pemesinan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 13 Aug 2020 06:19
Last Modified: 13 Aug 2020 06:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17978

Actions (login required)

View Item View Item