PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 6 MAKASSAR

Astuti, Widya (2020) PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 6 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL WIDYA ASTUTI-1592041034.pdf

Download (281kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal secara simultan terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI program keahlian akuntansi SMK Negeri 6 Makassar. (2) untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal secara parsial terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI program keahlian akuntansi SMK Negeri 6 Makassar. (3) untuk mengetahui variabel yang pengaruhnya dominan terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI program keahlian akuntansi SMK Negeri 6 Makassar. Variabel penelitian ini adalah kecerdasan intrapersonal sebagai variabel bebas pertama (X1), kecerdasan interpersonal sebagai variabel bebas kedua (X2) dan hasil belajar akuntansi sebagai variabel terikat (Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 6 Makassar yang berjumlah 86 siswa, sedangkan sampelnya diambil dengan teknik sampling jenuh sehingga sampel yang digunakan sebanyak jumlah populasi yang ada. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik, regresi linear berganda, uji F, dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan intrapersonal berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar akuntansi dengan tingkat signifikan <0,05 dan kecerdasan interpersonal secara parsial berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi dengan tingkat signifikan <0,05. Kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi dengan tingkat signifikan <0,05. Selain itu, koefisien determinasi (R2 ) yaitu sebesar 0,508 (50,8%). Hal ini berarti bahwa pengaruh kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar akuntansi adalah sebesar 50,8% sedangkan sisanya 49,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Serta kecerdasan interpersonal dominan berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi dengan koefisien determinasi 0,471 atau 47%. Kata kunci : Kecerdasan intrapersonal, Kecerdasan interpersonal, Hasil Belajar Akuntansi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 13 Aug 2020 04:42
Last Modified: 13 Aug 2020 04:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17969

Actions (login required)

View Item View Item