PENGARUH PENDEKATAN KELOMPOK (GROUP APPROACH) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI CENDRAWASIH 1

ARSYAD, RAHMIATI (2020) PENGARUH PENDEKATAN KELOMPOK (GROUP APPROACH) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI CENDRAWASIH 1. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL RAHMIATI ARSYAD.pdf

Download (328kB)

Abstract

ABSTRAK, Telah dilakukan penelitian ini bertujuan (i) mengetahui gambaran penggunaan pendekatan kelompok (group approach) dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Cendrawasih 1; (ii) mengetahui gambaran hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Cendrawasih 1 setelah menggunakan pendekatan kelompok (group approach); dan (iii) mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan kelompok (group approach) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Cendrawasih 1. Metode Penelitian menggunakan jenis penelitian eksperimen sesungguhnya (true eksperimental). Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Populasinya adalah siswa kelas IV SD Negeri cendrawasih 1 yang berjumlah 64 siswa, yang terdiri dari siswa kelas IVA dan kelas IVB. Teknik penyampelan yang digunakan adalah purposive sampling dengan kelas IVA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 siswa dan kelas IVB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 siswa sehingga Jumlah keseluruhan siswa yang menjadi sampel yaitu 64 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) pendekatan kelompok pada pembelajaran IPA siswa kelas IV di SD Negeri Cendrawasih 1 berada pada kategori baik; (ii) hasil belajar IPA siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan kelompok (group approach) lebih tinggi dibandingkan hasil belajar pada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional; (iii) ada pengaruh positif penggunaan pendekatan kelompok (group approach) terhadap hasil belajar IPA yang bermakna bahwa pendekatan kelompok berkontribusi sangat kuat untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Cendrawasih 1. Kata kunci: Pendekatan Kelompok (group approach), Hasil belajar IPA.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 12 Aug 2020 03:58
Last Modified: 12 Aug 2020 03:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17962

Actions (login required)

View Item View Item