Pengaruh Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru Biologi yang Telah Tersertifikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Se-Kota Ternate

Yusuf, Mukhtar (2014) Pengaruh Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru Biologi yang Telah Tersertifikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Se-Kota Ternate. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
MUKHTAR YUSUF.2014.doc

Download (31kB)

Abstract

ABSTRAK Mukhtar Yusuf. 2014. Pengaruh Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru Biologi yang Telah Tersertifikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Se-Kota Ternate.(Dibimbing Oleh Ruslan dan Hartono). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional dan pedagogik guru biologi yang telah tersertifikasi terhadap hasil belajar siswa di SMA se-Kota Ternate. Penelitian ini bersifat ex post facto karena peneliti tidak melakukan kontrol terhadap variabel-variabel bebas karena manifestasinya sudah terjadi. Penelitian ini adalah penelitian populasi. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi, tes kompetensi guru dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik non parametrik Chi-square dengan menggunakan bantuan software spss 20. Hasil penelitian menunjukan bahwa (i) terdapat hubungan atau pengaruh kompetensi professional guru biologi yang telah tersertifikasi terhadap hasil belajar siswa dengan nilai X²= 46,412 (ii) terdapat hubungan atau pengaruh kompetensi pedagogik guru biologi yang telah tersertifikasi terhadap hasil belajar siswa di Kota Ternate dengan nilai X²= 62,049. Kesimpulan: Terdapat pengaruh kompetensi professional dan pedagogik guru biologi yang telah tersertifikasi terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: Kompetensi Profesional, Pedagogik, Hasil Belajar Siswa. ABSTRCT MUKHTAR YUSUF.2014. The Influence of Professional Competence and Pedagogy Competence of Certified Biology Teachers on Learning Resul of Students at SMA in Ternate (supervised by Ruslan and Hartono). The study aimed at examining the influence of professional competence and pedagogy competence of certified Biology teachers on learning result of students at SMA in Ternate. The study is an ex-post facto research because the researcher did not control the independent variables because its manifestation was existed already. Data were collected through observation, tes of teacher competence, and tes of students’ learning result. Data were analyzed by employing non-parametric Chi-square using SPSS 20 software. The result of the study revealed that (i) there was influence of professional competence of certified Biology teacher on students’ learning result by X²= 46,412, (ii) there was influence of pedagogy competence of certified Biology teacher on students’ learning result by X²= 62,049. The conclusion of the study was there were influence of professional competence and pedagogy competence of certified Biology teachers on learning result of study at SMA in Ternate. Keyword: Proffesional competence, pedagogy, students’ learning result

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Dec 2016 00:49
Last Modified: 28 Dec 2016 00:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1795

Actions (login required)

View Item View Item