Upaya Meningkatkan Keterampilan Menggiring Bola Dalam Permainan Sepakbola Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Peserta Didik di UPT SMP Negeri 2 Kepulauan Selayar

Yasin, Niswan Asriyadi and Ihsan, Andi and Suwardi, Suwardi (2020) Upaya Meningkatkan Keterampilan Menggiring Bola Dalam Permainan Sepakbola Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Peserta Didik di UPT SMP Negeri 2 Kepulauan Selayar. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (101kB)

Abstract

Abstrak: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar keterampilan menggiring bola peserta didik kelas VIIa UPT SMP Negeri 2 Kepulauan Selayar.Telah ditelaah hasil belajar keterampilan menggiring bola dalam permainan sepakbola pada peserta didik UPT SMP Negeri 2 Kepulauan Selayar terkhusus kelas VIIa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions). Hal ini dilandasi karena kemampuan menggiring bola pada peserta didik kelas VIIa masih banyak yang belum memenuhi KKM, dikarenakan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru masih konvensional. Oleh karena itu, model pembelajaran STAD merupakan model yang tepat dan sesuai karakteristik peserta didik dalam meningkatkan keterampilan menggiring bola. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Setting penelitian adalah Kelas VIIa UPT SMP Negeri 2 Kepulauan Selayar dan yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas VIIa SMP Negeri 2 Kepulauan Selayar yang bejumlah 31 peserta didik dengan rincian peserta didik dari 18 laki-laki dan 13 perempuan tahun ajaran 2018/2019 untuk semester genap. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam proses pembelajaran peserta didik mengalami peningkatan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pada siklus I jumlah peserta didik yang melewati KKM (18 orang atau 58,08%), (2) ) Pada siklus II jumlah peserta didik yang melewati KKM (28 orang atau 90,33%). Hasil ini telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 80% jumlah peserta didik yang harus tuntas. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keterampilan menggiring bola dalam permainan sepakbola. Kata Kunci: peserta didik kelas VIIa , keterampilan menggiring bola, dan STAD

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 05 Aug 2020 06:41
Last Modified: 05 Aug 2020 06:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17931

Actions (login required)

View Item View Item