Analisis Keuntungan dan Kelayakan Usaha Produk Dangke di Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang

DWI ARAS PANCARANY, DWI ARAS PANCARANY (2019) Analisis Keuntungan dan Kelayakan Usaha Produk Dangke di Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
_ 1. ANALISIS KEUNTUNGAN DAN KELAYAKAN USAHA PRODUK DANGKE DI KECAMATAN CENDANA KABUPATEN ENREKANG (Skripsi, Dwi Aras Pancarany, 2019)_ok_compressed (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keuntungan serta kelayakan usaha dan faktor-faktor yang memengaruhi industri rumah tangga dangke di Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2019 di Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang. Untuk menentukan lokasi (populasi) menggunakan purposive sampling dan untuk memilih responden menggunakan metode sampel jenuh. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yaitu melalui analisis keuntungan dan kelayakan usaha dari industri rumah tangga dangke di Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara langsung dengan responden (data primer) dan pengumpulan data pada instansi terkait (data sekunder). Responden dalam penelitian ini adalah 88 pemilik industri rumah tangga dangke di Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang. Hasil analisis menunjukkan bahwa rerata keuntungan yang diperoleh pemilik industri rumah tangga dangke di Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang adalah sebesar Rp 89.744,45 per hari dan sebesar Rp 32.756.722,95 per tahun. Adapun rerata keuntungan untuk satu unit dangke sebesar Rp 7.347,20 setiap hari. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keuntungan adalah upah tenaga kerja, sedangkan faktor-faktor yang tidak berpengaruh terhadap keuntungan adalah harga susu, harga garam, usia responden, tingkat pendidikan responden, dan lama menjalankan usaha. Industri rumah tangga dangke di Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang layak untuk dikembangkan karena rerata R/C Ratio yang diperoleh dari hasil penelitian adalah sebesar 1,71.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > EKONOMI PEMBANGUNAN - (S1)
FAKULTAS EKONOMI > Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Muhammad Hasan
Date Deposited: 31 Aug 2020 03:31
Last Modified: 31 Aug 2020 03:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17912

Actions (login required)

View Item View Item