Peningkatan Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X5SMA Negeri 1 Salahutu Kabupaten Maluku Tengah Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Pada materi ekosistem

Wal, Hairan (2015) Peningkatan Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X5SMA Negeri 1 Salahutu Kabupaten Maluku Tengah Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Pada materi ekosistem. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Hairan Wali, 2014.doc

Download (36kB)

Abstract

ABSTRAK Hairan Wali, 2014. Peningkatan Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X5SMA Negeri 1 Salahutu Kabupaten Maluku Tengah Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Pada materi ekosistem (Mansur dan Hartono). Penelitian ini adalah Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar IPA BiologiKelas X5siswa SMA Negeri 1 Salahutu pada materi ekosistem. Pembelajaran menggunakan sumber belajar di sekitar lingkungan sekolah. Pembagian kelompok terdiri dari 5 orang siswa dengan tujuan untuk melakukan pengamatan dan penyelidikan guna meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar siswa. Metode pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi, motivasi, lembar observasi aktivitas, dan tes hasil belajar kepada siswa. Indikator dari penelitian ini yaitu peningkatan motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa hingga sekurang-kurangnya 70% siswa memperoleh nilai motivasi kategori tinggi, 75 % siswa memperoleh aktivitas kategori cukup, dan 80 % siswa mendapatkan nilai ≥ 80, dari seluruh siswa kelas X5 SMA Negeri 1 Salahutu melalui pembelajaran model Group Investigation. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I Jumlah siswa yang memiliki motivasi belajar kategori tinggi sebesar 10 %, Jumlah siswa yang memiliki aktivitas belajarkategori cukup baik sebesar 13,33%, dan Jumlah siswa yang memiliki hasil belajar kategori baik sebesar 6,67 %. Siklus II Jumlah siswa yang memiliki motivasi belajar kategori tinggi sebesar 23,33 %, Jumlah siswa yang memiliki aktivitas belajarkategori cukup baik sebesar 86,67 %, dan Jumlah siswa yang memiliki hasil belajar kategori baik sebesar 16,67 %. Siklus III Jumlah siswa yang memiliki motivasi belajar kategori tinggi sebesar 93,33 %, Jumlah siswa yang memiliki aktivitas belajarkategori cukup baik sebesar 100 %, dan Jumlah siswa yang memiliki hasil belajar kategori baik sebesar 86,67 %.Kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran melalui model Group Investigtion pada materi Ekosistem di SMA Negeri 1 Salahutu dapat meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci : Motivasi, Aktivitas, hasil belajar, Group Investigation. ABSTRACT Hairan Wali. 2014 The Enhancement of motivation, Activity, and Students’ Learning resultthrough In Grade X5at SMAN 1Salahutu in Central Maluku District through Group Investigation Learning Model on Ecosystem Material (supervised by Mansur and Hartono). The Study is a classroom action research which aims at enhanching motivation, and learning result of grade X5 students at SMAN 1 Salahutu on ecosystem material. The learning employed learning sources at the surrounding of school. The distribution of groups consisted of 5 student aimed at conducting observation and investigation to enhance motivation and students’ learning activity. Data were collected by employing observation sheet, motivation, observation sheet of activity, and test of learning result of students. The indicators of the study were the enhancement of motivation, activity, and students’ learning result that at least 70% students obtained motivation value in high category, 75% students obtained activity in fair category, and 80% students obtained ≥ 80, from all grade X5 students at SMAN 1 Salahutu trough group investigation learning model. The result of the study rvealed that in cycle I, 10% of students was in high learning motivation category, 13.33% of students was in fairly good learning activity category, and 6.67% of students was in good learning result category. In cycle II, 23.33% of students was in high learning motivation category, 86.67% of students was in fairly good learning activity category. and 16.67% of students was in good learning result category. In cycle III, 93.33% of students was in high learning motivation category, 100% of students was in fairly good learning activity category, and 86.67% of students was in good learning result category. The conclusion of the study was the implementation of learning through group investigation model on ecosystem in SMAN 1 Salahutu could enhance motivation, activity, and students’ learning result. Keywords : motivation, activity, learning result, group investigation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Dec 2016 00:41
Last Modified: 28 Dec 2016 00:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1791

Actions (login required)

View Item View Item