ANALISIS UNSUR CERITA PADA MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO DRAMA “TANGGAP GEMPA DAN TSUNAMI” SEBAGAI PENDIDIKAN PENANGGULANGAN BENCANA ALAM DI SMPN 1 POLEWALI

Rusdi, Masfiyah (2020) ANALISIS UNSUR CERITA PADA MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO DRAMA “TANGGAP GEMPA DAN TSUNAMI” SEBAGAI PENDIDIKAN PENANGGULANGAN BENCANA ALAM DI SMPN 1 POLEWALI. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JURNAL MASFIYAH RUSDI (1682042008).pdf

Download (512kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data atau informasi tentang: 1). Unsur cerita pada video tanggap gempa dan trusunami sebagai simulasi bencana ketika terjadi gempa dan trusunami di sekolah, 2). Pengaruh unsur cerita dalam video drama tanggap gempa dam tsunami terhadap pengetahuan pendidikan kebencanaan siswa SMPN 1 Polewali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode mix methods yaitu metode dengan menggabungkan dua bentuk pendekatan dalam penelitian yaitu kualitatif dan kuantitatif melalui: 1). Wawancara, 2). Obserfasi, 3). Dokumentasi, 4). Metode angket (kuisioner). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif-kuantitatif bertahap. Hasil penelitian ini adalah : 1). Unsur-unsur cerita dalam video tanggap gempa dan tsunami yaitu tema, alur, tokoh, latar cerita dan amanat. 2). Unsur cerita dalam video drama tanggap gempa dan tsunami mampu mempengaruhi JURNAL PENDIDIKAN SENDRATASIK 2 pengetahuan siswa SMPN 1 Polewali tentang pendidikan penanggulangan bencana dimana rata-rata setiap unsur cerita berada pada interval setuju (60%-79,99%) dan sangat setuju (80%-100%). Tema 91%, alur 82% dan 85%, tokoh 76% dan 83%, latar cerita 83% dan 95% , amanat 85%. Kata kunci : Unsur Cerita, Video Drama, Pendidikan Penanggulangan Bencana Alam

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 31 Aug 2020 03:31
Last Modified: 31 Aug 2020 03:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17853

Actions (login required)

View Item View Item