PENERAPAN METODE BERMAIN MELALUI GERAK TARI UNTUK MENUMBUHKAN APRESIASI ANAK USIA DINI

ARDIYANSYAH, MUH (2019) PENERAPAN METODE BERMAIN MELALUI GERAK TARI UNTUK MENUMBUHKAN APRESIASI ANAK USIA DINI. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (355kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk menjawab masalah: (1) Bagaimana penerapan metode bermain melalui gerak tari kreasi kipas pada anak usia dini? (2) Bagaimana hasil gerak tari kreasi kipas setelah penerapan metode bermain pada anak usia dini?. Jenis penelitian yakni penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yang mendefenisikan hasil melalui pemberian nilai dan apresiasi bintang terhadap adan usia dini.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan: observasi, wawancara, dokumentasi dan tes untuk memperoleh hasil.Hasil penelitian ini adalah: (1) penggunaan metode bermain pada pelajaran kelas keterampilan merupakan metode yang baik digunakan untuk anak usia dini TK Dhifa. Hal tersebut dikatakan baik dan signifikan untuk kelas keterampilan dikarenakan apresiasi anak telah mengalami peningkatan yang cukup baik di dalam kelas, anak telah mampu memberikan respon positif terhadap materi yang diberikan oleh guru, timbal balik anak dan rasa ingin tahu mereka terhadap ketertarikan mereka dengan kelas keterampilan yang diberikan menghasilkan peningkatan apresiasi anak yang cukup baik, dan kesimpulan selanjutnya, (2) menggunakan metode bermain mengalami peningkatan hasil kinerja belajar anak melalui tes kinerja dari siklus I ke siklus II. Hal ini ditunjukkan dengan tercapainya peningkatan hasil belajar anak pada tes evaluasi siklus I dan siklus II.Penggunaan metode bermain dilaksanakan dengan memadupadankan metode bermain itu dengan permainan kertas warna dalam melaksaksanakan cara bermain dengan menari. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan minat anak dalam pembelajarankelas keterampilan dengan demikian bertujuan memberikan materi yang mampu menarik perhatian anak dengan mengaitkan pembelajaran dengan metode bermain yang disenangi oleh anak. Melalui penggunaan metode bermain ini diharapkan meningkatnya apresiasi anak terhadap pembelajaran kelas keterampilan khususnya pada anak usia dini TK Dhifa dan terlaksana dengan baik dan mampu mendapatkan nilai hasil kinerja yang baik dalam pelaksanaan cara menggunakan kipas dalam kelas keterampilan TK Dhifa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 31 Aug 2020 03:31
Last Modified: 31 Aug 2020 03:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17850

Actions (login required)

View Item View Item