MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF

Said, Abdul Azis and Jayadi, Karta (2016) MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF. In: Seminar Nasional 2016 Lembaga Penetitian UNM "MEGA TREND INOVASI DAN KREASI HASIL PENELITIAN DALAM MENUNJANG PEMBANGUNAN BERKELAN]UTAN", 2 Juni 2016, Makassar, Indonesia.

[img]
Preview
Text (Prosding Seminar Nasioanal)
Prosiding Multimedia Pembelajaran Interaktif.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review - Prosding Seminar Nasioanal)
PEER REVIEWER PROSIDING-MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF.pdf - Published Version

Download (819kB) | Preview
[img]
Preview
Text
similaritas multimedia pembelajaran.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

Abstrak: Tulisan ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari penelitian yang berjudul: percancangan media Pembelajaran Berbasis Informasi Teknologi (IT). Penelitian tersebut bertujuan untuk membuat prototype sistem metode dan pola media pembelajatan mata kuliah Dasar Desain Dwimatra (Nirmana Dwimatra), dengan produk akhirnya berupa rekaman di media DVD. Pada saat ini, telah menjadi kebutuhan utama dalam sistem pembelajaran modern adalah kehadiran media pembelajaran sebagai bagian komponen atau bagian integral pembelajaran, karena peserta didik berperan sebagai penerima pesan dan sekaligus bisa bertindak sebagai komunikator atau penyampai pesan sehigga terjadi apabila terjadi komunikasi dua arah. Seperti diketahui bahwa proses pembelajaran akan terjadi apabila terjadi komunikasi antara penerima pesan dengan sumber pesan lewat media yang digunakan. Merancang sebuah media pembelajaran untuk mata kuliah tertentu, maka acuan awal yang sangat mendasar adalah mengetahui dan memahami isi mata kuliah tersebut, baik Tujuan Instruksional secara Umum maupun Khusu, agar tujuan perancangan dapat diidentifikasi dengan akurat. Dalam merancang media pembelajaran ini menekan proses perancangan/desain, sehingga dibutuhkan suatu metodologi khusus yang dalam hal ini disebut sebagai ‘metodologi riset desain’. Metodologi riset tersebut memiliki kekhususan tersendiri dengan melalui proses analisis, proses sintesa dan evaluasi. Pada setiap jenjang proses tersebut dibutuhkan perlakuan khusus, terutama pada proses sintesa yang menggabungkan antara deskripsi kuantitatif dan kualitatif (dalam bentuk visual). Dengan adanya media pembelajaran seperti yang dimaksud di atas, maka diharapkan akan memudahkan pengajar dalam mengampu mata kuliahnya dan sekaligus peserta didik diharapkan relatif lebih muda memahami materi yang disampaikan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Perancangan, Media Pembelajaan, Mata Kuliah
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: S.T., M.T. Faruq Ratuhaji
Date Deposited: 26 Dec 2016 12:12
Last Modified: 29 Mar 2018 09:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1785

Actions (login required)

View Item View Item