HUBUNGAN PERSEPSI TENTANG KOMPETENSI PROFESIONAL DAN PEDAGOGIK GURU DENGAN MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMA NEGERI DI KOTA PAREPARE

Ramli, Yuliarti (2020) HUBUNGAN PERSEPSI TENTANG KOMPETENSI PROFESIONAL DAN PEDAGOGIK GURU DENGAN MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMA NEGERI DI KOTA PAREPARE. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
4. ARTIKEL TESIS.pdf

Download (219kB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan persepsi tentang kompetensi profesional dan pedagogik guru dengan minat dan hasil belajar biologi peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri di Kota Parepare. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah persepsi tentang kompetensi profesional dan pedagogik guru, sedangkan variabel terikatnya adalah minat dan hasil belajar biologi peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri di Kota Parepare, sedangkan sampelnya berjumlah 238 peserta didik yang diambil dengan menggunakan tabel Isaac and Michael dengan taraf kesalahan 5%. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis statistika inferensial diperoleh (i) terdapat hubungan yang positif dan signifikan persepsi tentang kompetensi profesional guru dengan minat belajar biologi peserta didik berada pada tingkat hubungan sedang dengan nilai sig. 0,000 lebih kecil dari α = 0,05; (ii) terdapat hubungan yang positif dan signifikan persepsi tentang kompetensi profesional guru dengan hasil belajar biologi peserta didik berada pada tingkat hubungan sangat lemah dengan nilai sig. 0,020 lebih kecil dari α = 0,05; (iii) terdapat hubungan yang positif dan signifikan persepsi tentang kompetensi pedagogik guru dengan minat belajar bio logi peserta didik berada pada tingkat hubungan sedang dengan nilai sig. 0,000 lebih kecil dari α = 0,05; (iv) terdapat hubungan yang positif dan signifikan persepsi tentang kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar biologi peserta didik berada pada tingkat hubungan sedang dengan nilai sig. 0,000 lebih kecil dari α = 0,05; (v) terdapat hubungan yang positif dan signifikan persepsi tentang kompetensi profesional dan pedagogik guru secara bersama-sama dengan minat belajar biologi peserta didik berada pada tingkat hubungan sedang dengan nilai sig. 0,000 lebih kecil dari α = 0,05; (vi) terdapat hubungan yang positif dan signifikan persepsi tentang kompetensi profesional dan pedagogik guru secara bersama-sama dengan hasil belajar biologi peserta didik berada pada tingkat hubungan sedang dengan nilai sig. 0,000 lebih kecil dari α = 0,05; (vii) terdapat hubungan yang positif dan signifikan minat belajar dengan hasil belajar biologi peserta didik berada pada tingkat hubungan sangat lemah dengan nilai sig. 0,003 lebih kecil dari α = 0,05. Kata Kunci: persepsi tentang kompetensi profesional guru, persepsi tentang kompetensi pedagogik guru, minat belajar, hasil belajar

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 13 Jul 2020 05:04
Last Modified: 13 Jul 2020 05:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17832

Actions (login required)

View Item View Item