ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI KOTA SENGKANG

Silfana, Silfana and Hala, Yusminah and Azis, Andi Asmawati (2020) ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI KOTA SENGKANG. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
4. ARTIKEL TESIS.pdf

Download (185kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, dan 3) penilaian pembelajaran Biologi pada Kurikulum 2013, 4) keterkaitan antara perencanaan dengan pelaksanaan pembelajaran Biologi pada kurikulum 2013 dan 5) keterkaitan antara pelaksanaan dengan penilaian pembelajaran Biologi pada Kurikulum 2013. Jenis penelitian ini tergolong penelitian evaluasi. Adapun sumber datanya diperoleh dari guru dan peserta didik SMA Negeri kota Sengkang. Data penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran Biologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar ceklis, wawancara, observasi, angket peserta didik, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perencanaan pembelajaran Biologi pada Kurikulum 2013 di SMAN kota Sengkang pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 mencapai 91,19% termasuk dalam kategori sangat lengkap namun, perencanaan pembelajaran Biologi yang dibuat oleh guru dalam bentuk RPP masih terdapat beberapa kekurangan seperti model pembelajaran yang digunakan kurang sesuai dengan Kurikulum 2013. Pelaksanaan pembelajaran Biologi pada Kurikulum 2013 di SMAN kota Sengkang pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 mencapai 93,54% termasuk dalam kategori sangat baik, namun masih terdapat beberapa guru yang tidak melaksanakan pendekatan saintifik dan model pembelajaran tidak sesuai dengan sintaks sehingga implementasi Kurikulum 2013 belum maksimal. Penilaian pembelajaran Biologi pada Kurikulum 2013 di SMAN kota Sengkang pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 mencapai 90,90% termasuk dalam kategori baik namun, penilaian yang disusun dan digunakan oleh guru masih terdapat beberapa kekurangan yakni tidak mencantumkan penilaian oleh siswa seperti penilaian antar teman dan penilaian diri, sehingga penilaian pembelajaran Biologi belum berjalan maksimal. Keterkaitan antara perencanaan pembelajaran Biologi dengan pelaksanaan Pembelajaran Biologi pada Kurikulum 2013 di SMAN kota Sengkang adalah perencanaan pembelajaran Biologi berhubungan dengan pelaksanaan pembelajaran Biologi dengan nilai Significancy 0,015 namun, masih terdapat guru yang tidak melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP. Keterkaitan antara pelaksanaan pembelajaran Biologi dengan penilaian pembelajaran Biologi pada Kurikulum 2013 di SMAN kota Sengkang adalah pelaksanaan pembelajaran Biologi berhubungan dengan penilaian pembelajaran Biologi dengan nilai Significancy 0,015 namun, masih terdapat guru yang tidak melaksanakan penilaian diri dan penilaian antar teman.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 13 Jul 2020 04:58
Last Modified: 13 Jul 2020 04:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17831

Actions (login required)

View Item View Item