PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING MATA PELAJARAN MIKROPROSESOR DAN MIKROKONTROLER DI SMK NEGERI 10 MAKASSAR

Syahir, Indah Purnama and Lu’mu, Lu’mu and Djawad, Yasser A. (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING MATA PELAJARAN MIKROPROSESOR DAN MIKROKONTROLER DI SMK NEGERI 10 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL PENELITIAN.pdf

Download (383kB)
[img] Text
ARTIKEL PENELITIAN.pdf

Download (383kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Pengembangkan media pembelajaran berbasis E-Learning dengan menggunakan aplikasi Kelase pada mata pelajaran Mikroprosesor dan Mikrokontroler. (2) Kelayakan media pembelajaran pada mata pelajaran Mikroprosesor dan Mikrokontroler berbasis ELearning dengan menggunakan aplikasi Kelase di SMK Negeri 10 Makassar. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan yang memiliki tujuan untuk menghasilkan dan untuk pengembangan suatu produk. Mengacu pada prosedur pengembangan ADDIE. Adanpun hasil tahap pengembangan media pembelajaran dan uji kelayakan media yaitu pada hasil validasi Ahli Media 1 mendapatkan rata-rata skor presentase penilaian dari keempat aspek sebesar 94% maka dapat dinyatakan dalam kategori “Sangat Layak”. Pada hasil validasi Ahli Media 2 mendapatkan rata-rata skor presentase penilaian dari keempat aspek sebesar 91% maka dapat dinyatakan dalam bagian “Sangat Layak”. Pada hasil respon Guru mata pelajaran mikroprosesor dan mikrontroler mendapatkan rata-rata skor presentase penilaian dari keempat aspek sebesar 92% maka dapat dinyatakan dalam bagian “Sangat Layak”. Pada hasil respon oleh Siswa Kelompok One to One mendapatkan rata-rata skor presentase penilaian dari keempat aspek sebesar 97 maka dapat dinyatakan dalam bagian “Sangat Layak”. Pada hasil respon oleh Siswa Kelompok Kecil mendapatkan rata-rata skor presentase penilaian dari keempat aspek sebesar 91% maka dapat dinyatakan dalam bagian “Sangat Layak”. dan Pada hasil Respon oleh Siswa Kelompok Besar mendapatkan rata-rata skor presentase penilaian dari keempat aspek sebesar 97% maka dapat dinyatakan dalam bagian “Sangat Layak”, Sehingga media pembelajaran berbasis Elearning dengan menggunakan aplikasi Kelase dinyatakan dapat dipergunakan sebagai media pembelajaran dan dikatakan Sangat Layak dilanjutkan pada tahap penelitian selanjutnya. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu untuk melakukan tahap penelitian selanjutnya terhadap media pembelajaran menggunakan aplikasi kelase pada mata pelajaran Mikroprosesor dan Mikrokontroler yang belum dilakukan penulis pada penelitian ini dan untuk memperkuat hasil penelitian ini peneliti menyarankan untuk memakai simbol matematika ≥ 61- 80% dan ≥ 81-100% sebagai syarat kelayakan produk. Kata kunci : Media Pembelajaran, Kelase, Mikroprosesor dan Mikrokontroler

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Elektronika
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 08 Jul 2020 04:51
Last Modified: 08 Jul 2020 04:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17814

Actions (login required)

View Item View Item