PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 48 PAREPARE

Djabba, Rasmi (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 48 PAREPARE. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 2 (1). pp. 21-26. ISSN 2656-9914

[img] Text
jurnal klasikal ibu rasmi.pdf

Download (141kB)
[img] Text
peer reviewer jurnal klasikal bu rasmi.pdf

Download (878kB)
Official URL: http://journalfkipuniversitasbosowa.org/index.php/...

Abstract

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif jigsaw untuk meningkatkan efektivitas dan hasil belajar sains siswa kelas V SDN 48 parepare. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk menentukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan efektifitas dan hasil belajar sains siswa kelas V SDN 48 Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keefektifan dan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw meningkatkan efektivitas dan hasil belajar siswa pada kelas IPA mengajar di SDN 48 Siapkan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 07 Jul 2020 06:12
Last Modified: 15 Jul 2020 16:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17807

Actions (login required)

View Item View Item