PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SDN MACCINI II KOTA MAKASSAR

Hamsah, Hardianti and Samad, Sulaiman and Mustafa, Mustafa (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SDN MACCINI II KOTA MAKASSAR. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
4. ARTIKEL HARDIANTI HAMSAH, PENGARUH PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SDN MACCINI II KOT~1.pdf

Download (251kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap minat belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan mtode eksperimen dengan prosedur pengumpulan data dimulai pada pretest, diterapkannya treatment pada kelas eksperimen, dan pemberian posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dengan teknik pengambilan sampel secara random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHTyang dilakukan dengan empat tahap, yaitu: siswa dibagi kelompok, setiap siswa dalam kelompok mendapat nomor kepala yang berbeda-beda, guru memberi tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya, kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya atau mengetahui jawabannya, guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka terlaksana dengan sangat baik dan minat belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berada pada kategori sangat berminat, berdasarkan hasil analisis data terjadi perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah dilakukan uji independent sample t-test yang menunjukkan terjadinya perbedaan yang signifikan dan terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terlihat pada perbedaan rata-rata kelas ekperimen dan kelas kontrol, kelas eksperimen berada pada kategori sangat berminat dan kelas kontrol berada pada kategori berminat, jadi terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe NHT terhadap minat belajar siswa SD Negeri Maccini II Kota Makassar. Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe NHT, minat belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 02 Jul 2020 06:35
Last Modified: 02 Jul 2020 06:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17801

Actions (login required)

View Item View Item