“Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Daerah Bugis Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas VII D SMPN 2 Watansoppeng..

Riska Eka Arista, Arista (2016) “Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Daerah Bugis Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas VII D SMPN 2 Watansoppeng.. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Riska Eka Arista,.docx

Download (13kB)

ABSTRAK Riska Eka Arista, 2016. “Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Daerah Bugis Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas VII D SMPN 2 Watansoppeng..” Dibimbing oleh Drs. H.Muh.Taufik, M.Hum. dan Usman, S.Pd. M.Pd. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar, Penulisan skripsi ini, bertujuan mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa daerah Bugis dengan menggunakan media gambar. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah, bagaimana hasil belajar siswa menggunakan media gambar di Kelas VII D SMPN 2 Watansoppeng. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan sebanyak dua siklus yakni siklus I dan siklus II. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni, observasi, , tes, dan dokumentasi. Lokasi penelitian dilakukan di SMPN 2 Watansoppeng. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII D viii SMPN 2 Watansoppeng, yang jumlah siswa ada 23 orang, terdiri dari 11 putri dan 12 putra. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar bahasa daerah Bugis siswa dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas VII D SMPN 2 Watansoppeng mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai tes akhir siswa pada siklus I, 18 siswa atau 78,26% dinyatakan tuntas, dan nilai tes akhir pada siklus II terjadi peningkatan dengan ketuntasan siswa sebanyak 21 siswa atau 91,30. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar Bahasa Daerah Bugis pada siklus I dalam kategori baik, dan siklus II dalam kategori sangat baik. Sedangkan observasi aktivitas guru dan murid dalam kategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah hasil belajar bahasa daerah Bugis dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas VII D SMPN 2 Watansoppeng meningkat. Kata Kunci : Hasil Belajar Bahasa Daerah Bugis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:57
Last Modified: 25 Apr 2016 06:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/178

Actions (login required)

View Item View Item