PROSES PEMBUATAN SENI PATUNG NON REALIS DARI BATA RINGAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN SENI RUPA ANGKATAN 2016 FAKULTAS SENI DAN DESAIN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Nova Alam, Sri (2019) PROSES PEMBUATAN SENI PATUNG NON REALIS DARI BATA RINGAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN SENI RUPA ANGKATAN 2016 FAKULTAS SENI DAN DESAIN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Jurnal Sri Nova Alam.pdf

Download (378kB)

Abstract

ABSTRAK Sri Nova Alam, 2019. Proses Pembuatan Seni Patung Non Realis dari Bata Ringan Mahasiswa Prodi Pendidikan Seni Rupa Angkatan 2016 Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar, Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh: Muh Saleh Husain, dan Pangeran Paita Yunus.) Permasalahan dalam penelitian ini adalah bahan dan alat yang digunakan dalam pembuatan patung non realis, bagaimana proses pembuatan seni patung non realis dari bata ringan mahasiswa Prodi Pendidikan Seni Rupa Angkatan 2016 Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembuatan patung non realis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data untuk mengetahui bagaimana proses pembuatan patung non realis adalah dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahan yang digunakan dalam proses pembuatan patung non realis adalah bata ringan, sedangkan alat yang digunakan adalah gergaji, gerinda, pahat lurus/ penyilat, kapak, pahat, kikir, kuas dan palu ganden. Proses pembuatan patung non realis dari bata ringan melalui beberapa tahapan yaitu perolehan bahan, pengolahan bahan, proses pembuatan dan tahap akhir (finishing). Faktor yang menjadi penunjang dalam pembuatan patung non realis adalah bahan dan alat mudah diperoleh pada toko bangunan. Sedangkan penghambatnya yaitu bata ringan tersebut cepat rapuh dan pada saat memahatnya serbuknya berterbangan. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembuatan patung non realis dari bata ringan harus dilakukan dengan teliti untuk mendapat hasil yang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 31 Aug 2020 03:30
Last Modified: 31 Aug 2020 03:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17772

Actions (login required)

View Item View Item