KEGIATAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 2 BARAKA KABUPATEN ENREKANG DALAM MEMBUAT KERAJINAN ANYAMAN DARI BAHAN DAUN KELAPA

ARIFA, NURUL (2019) KEGIATAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 2 BARAKA KABUPATEN ENREKANG DALAM MEMBUAT KERAJINAN ANYAMAN DARI BAHAN DAUN KELAPA. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Jurnal Nurul Arifa.pdf

Download (277kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembuatan anyaman bakul dari bahan daun kelapa pada siswa kelas VII SMPN 2 Baraka Kabupaten Enrekang. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pengamatan (observasi), wawancara (interview) dan dokumentasi (foto). Proses pembuatan bakul dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: tahap pertama persiapan alat dan bahan, tahap kedua proses penganyaman, dan tahap ketiga penyelesain akhir. Proses pertama yaitu mempersiapkan alat dan bahan yaitu pisau, gunting dan daun kelapa. Selanjutnya memotong ujung dari daun kelapa untuk memudahkan saat proses pembuatan bakul. Tahap kedua yaitu proses menganyam bakul, helai daun kelapa yang berfungsi sebagai lungsi dan pakan yang berjumlah genap dianyam, dengan anyaman berselang satu hingga membentuk bakul. Dalam proses penganyaman, bagian yang perlu diperhatikan yaitu kerapian pada tahap anyaman pertama agar hasilnya tidak memiliki lubang yang dapat menyebabkan anyaman bakul memiliki lubang yang tidak bagus. Tahap selanjutnya memilih daun kelapa yang kering atau daun kelapa yang sudah direbus agar hasilnya tidak memiliki lubang sisi. Tahap terakhir adalah penyelesaian tepi bakul yaitu: dengan cara ujung dari bakul dilipat bersilang lalu diselipkan ke dalam anyaman. Faktor penghambat dalam proses pembuatan bakul yaitu saat proses menganyam bagian dari sudut bakul yang harus direkatkan agar sudut bakul anyaman rapi dan tidak memiliki lubang sisi dan proses penyelesaian. Faktor penunjang dari proses pembuatan bakul yaitu bahan baku yang mudah didapatkan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Seni rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 31 Aug 2020 03:30
Last Modified: 31 Aug 2020 03:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17769

Actions (login required)

View Item View Item