PENERAPAN METODE CAPITAL ASSET PRICING MODEL (CAPM) SEBAGAI DASAR PERTIMBANGAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI SAHAM (Studi pada Saham Indeks Kompas 100 di Bursa Efek Indonesia)

Irfan, Irfan (2020) PENERAPAN METODE CAPITAL ASSET PRICING MODEL (CAPM) SEBAGAI DASAR PERTIMBANGAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI SAHAM (Studi pada Saham Indeks Kompas 100 di Bursa Efek Indonesia). Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL PENERAPAN METODE CAPITAL ASSET PRICING MODEL.pdf

Download (658kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode capital asset pricing model sebagai dasar pertimbangan dalam pengambilan keputusan investasi saham (studi pada saham Indeks Kompas 100 di Bursa Efek Indonesia). Variabel penelitian berdasarkan konsep capital asset pricing model. Penelitian ini merupakan penelitian descriptive dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh saham perusahaan yang masuk dalam pencatatan Indeks Kompas 100 periode Februari 2017-Januari 2020 yaitu sebanyak 149 saham, sedangkan sampel adalah 73 saham perusahaan yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Data yang diolah merupakan harga penutupan saham (closing price) yang bersumber dari BEI. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan (library study) dan penelitian lewat media internet (website terpercaya). Analisis data dilakukan dengan tahapan model capital asset pricing model yang dimulai mengumpulkan data harga penutupan saham sampai klasifikasi saham sebagai keputusan investasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan tidak searah atau non linier antara risiko sistematis dengan tingkat pengembalian yang diharapkan. Terdapat 29 saham yang termasuk dalam kategori saham efisien, dan 44 saham yang termasuk dalam saham dengan kategori saham tidak efisien. Dengan demikian keputusan invetasi pada saham yang efisien adalah membeli dan saham yang tidak efisien adalah menjual jika memilikinya. Kata kunci: CAPM, Saham Efisien dan tidak Efisien, Indeks Kompas 100, BEI

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 25 Jun 2020 02:42
Last Modified: 25 Jun 2020 02:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17746

Actions (login required)

View Item View Item